Apa Isi Pokok yang Terkandung dalam 1 Korintus 15:20-23?

Apa isi pokok yang terkandung dalam 1 Korintus 15:20-23?

Jawaban:

Isi pokok dari 1 Korintus 15:20-23 adalah bahwa kebangkitan Kristus menjamin kebangkitan orang percaya.

Kristus sebagai "yang sulung" telah bangkit terlebih dahulu, dan kebangkitan-Nya membuka jalan bagi kebangkitan semua orang yang percaya kepada-Nya. Kematian dan kebangkitan Kristus membalikkan dampak dosa Adam, dan melalui iman kepada Kristus, kita dibebaskan dari kuasa maut dan beroleh kehidupan kekal.

Penjelasannya:

1 Korintus 15:20-23 membahas hubungan erat antara kebangkitan Yesus Kristus dan kebangkitan orang-orang yang percaya kepada-Nya. Paulus, penulis surat ini, menjelaskan bagaimana kebangkitan Kristus menjadi jaminan kebangkitan bagi orang-orang yang mengikutinya.

Ayat 20 menegaskan kebangkitan Yesus sebagai fakta penting. Dia disebut sebagai "yang sulung" yang artinya menjadi yang pertama bangkit dari kematian. Kebangkitan-Nya menjadi bukti kemenangan atas dosa dan kuasa maut.

Ayat 21 dan 22 menjelaskan hubungan antara kebangkitan Yesus dan kebangkitan orang percaya. Sama seperti kematian masuk ke dunia melalui dosa Adam, kebangkitan orang mati datang melalui Yesus. Kita semua "mati" karena keterkaitan dengan Adam, tetapi melalui Yesus, kita semua "dihidupkan kembali" dan beroleh kehidupan kekal.

Ayat 23 menekankan urutan kebangkitan. Yesus bangkit terlebih dahulu sebagai "buah sulung", dan kemudian disusul dengan kebangkitan orang percaya pada saat kedatangan-Nya kembali.

Inti sari dari bagian ini adalah:
  • Kebangkitan Yesus adalah jaminan bahwa orang percaya juga akan dibangkitkan. Kematian Yesus bukan akhir, tetapi awal dari kehidupan baru yang kekal.
  • Kematian dan kebangkitan Yesus membalikkan dampak dosa Adam. Kita dibebaskan dari kuasa maut dan beroleh kehidupan kekal melalui iman kepada Yesus.

Dengan percaya kepada Yesus, kita ikut ambil bagian dalam kemenangan-Nya atas kematian. Kebangkitan orang percaya merupakan partisipasi dalam kemenangan Yesus dan anugerah keselamatan yang Dia berikan.

Jadi, kebangkitan Yesus Kristus adalah berita yang penuh sukacita dan harapan bagi orang-orang percaya. Kematian bukan akhir, tetapi pintu gerbang menuju kehidupan kekal bersama Yesus. Dengan percaya kepada-Nya, kita dibebaskan dari kuasa maut dan beroleh kehidupan yang kekal dan mulia.

Komentar