Apa Fungsi Doa? Agama Katolik Kelas 11 SMA/SMK

Apa fungsi doa?

Jawaban:

Fungsi doa adalah untuk membangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Doa bukan hanya untuk meminta sesuatu, tetapi juga untuk bersyukur, bertobat, dan menyerahkan diri kepada kehendak Tuhan.

Penjelasannya:

Doa merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan umat beriman Katolik. Dalam Matius 6:5-13, Yesus memberikan beberapa petunjuk mengenai fungsi doa. Pertama, doa adalah sarana untuk membangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Sama seperti kita berkomunikasi dengan orang tua yang kita sayangi, doa memungkinkan kita untuk bersyukur, memohon, dan menyesali dosa-dosa kita kepada Bapa di surga.

Kedua, Yesus mengingatkan kita untuk berdoa dengan tulus, bukan untuk mencari perhatian orang lain. Doa yang sejati dilakukan dengan khusyuk di tempat yang tenang, dengan fokus untuk berkomunikasi dengan Tuhan (ayat 5-6).

Ketiga, doa tidak harus panjang dan bertele-tele. Tuhan sudah mengetahui apa yang kita butuhkan sebelum kita mengucapkannya (ayat 8). Yang lebih penting adalah isi hati yang tulus dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Keempat, Yesus memberikan contoh doa yang dapat kita panjatkan, yaitu Doa Bapa Kami (ayat 9-13). Doa ini mencakup beberapa fungsi doa, seperti:
  • Menyucikan nama Tuhan (ayat 9)
  • Memohon kedatangan Kerajaan Allah (ayat 10)
  • Menyerahkan kehendak kita kepada kehendak Tuhan (ayat 10)
  • Meminta kebutuhan sehari-hari (ayat 11)
  • Memohon pengampunan atas kesalahan (ayat 12)
  • Memohon kekuatan untuk menghadapi cobaan (ayat 13)

Komentar