Apa Dampak Panggilan Itu bagi Para Murid? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Apa dampak panggilan itu bagi para murid?

Jawaban:

Panggilan tersebut mengubah status dan peran mereka, memberikan kedekatan khusus dengan Yesus, membawa tanggung jawab dan tantangan besar, serta membuka peluang untuk pertumbuhan iman. Selain itu, para murid menjadi pondasi bagi para pemimpin Gereja dan menghubungkan Yesus dengan Gereja masa kini.

Penjelasannya:

Panggilan Yesus kepada para murid dalam Lukas 6:12-16 membawa perubahan besar dalam hidup mereka. Bukan hanya status dan peran mereka yang berubah dari nelayan, pemungut cukai, dan orang biasa menjadi rasul, utusan Yesus, tetapi juga kehidupan mereka diwarnai dengan kedekatan khusus dengan Sang Guru.

Kedekatan ini memungkinkan mereka untuk belajar langsung dari Yesus, menyaksikan ajaran dan mujizat-Nya, dan membangun hubungan yang mendalam dengan-Nya. Menjadi rasul bukan hanya kehormatan, tetapi juga membawa tanggung jawab dan tantangan besar. Para murid harus meninggalkan kehidupan lama, mengikuti Yesus dalam perjalanan yang penuh ketidakpastian, dan bahkan menghadapi kemungkinan penganiayaan dan penolakan.

Namun, mengikuti Yesus dan menyaksikan karya-Nya secara langsung membuka peluang besar bagi para murid untuk memperdalam iman mereka. Mereka belajar tentang kasih, pengampunan, dan Kerajaan Allah melalui pengalaman nyata bersama Yesus.

Dampak panggilan Yesus ini tidak hanya terbatas pada para murid saat itu, tetapi juga memiliki arti penting dalam Gereja Katolik. Para rasul menjadi pondasi bagi para pemimpin Gereja, generasi pertama yang diutus untuk mewartakan ajaran Yesus dan membangun komunitas Kristiani. Melalui mereka, ajaran dan otoritas Yesus diteruskan kepada para penerusnya, hingga sampai kepada para pemimpin Gereja Katolik saat ini.

Dengan memahami dampak panggilan Yesus bagi para murid, kita dapat semakin menghargai peran mereka dalam sejarah Gereja dan pentingnya ajaran yang mereka teruskan.

Komentar