Apa Arti Kata “Gembalakanlah Domba-Domba-Ku”?

Apa arti kata “Gembalakanlah domba-domba-Ku”?

Jawaban:

"Gembalakanlah domba-domba-Ku" berarti Yesus memercayakan tugas kepada Petrus dan para pengikut-Nya untuk mengurus, membimbing, dan melayani umat Kristiani dengan kasih dan ketulusan. Para gembala ini, seperti imam dan pastor, bertanggung jawab untuk mengajarkan iman dan membantu umat bertumbuh dalam iman mereka. Kita semua, sebagai pengikut Kristus, juga dipanggil untuk saling menguatkan dan membantu dalam perjalanan iman.

Penjelasannya:

Dalam Yohanes 21:15-19, Yesus memberikan tugas penting kepada Simon Petrus dengan berkata "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Perkataan ini memiliki makna yang mendalam bagi umat Kristiani.

Sebagai gembala yang baik, Petrus dan para pengikut Kristus lainnya diutus untuk mengayomi, melindungi, dan menuntun umat Kristiani. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga dan membimbing para jemaat, mengajarkan ajaran Kristus, dan membantu mereka bertumbuh dalam iman.

Lebih dari itu, Yesus menekankan pentingnya kasih dan ketulusan dalam pelayanan. Pengikut Kristus harus melayani sesama dengan penuh kasih, seperti gembala yang rela mengorbankan diri untuk keselamatan domba-dombanya.

Katekismus Gereja Katolik 87 memperkuat peran para gembala dalam Gereja Katolik. Perkataan Yesus kepada Petrus menjadi dasar bagi para pemimpin gereja, seperti imam dan pastor, untuk menjalankan tugas pelayanan mereka.

Intinya, Yesus mempercayakan tugas "menggembalakan domba-domba-Ku" kepada semua pengikut-Nya, termasuk kita. Ini merupakan panggilan untuk saling menguatkan, melayani, dan membantu sesama dalam perjalanan iman. Kita semua memiliki peran untuk membangun komunitas Kristiani yang penuh kasih dan saling mendukung.

Komentar