Tuliskanlah Makna yang Kalian Dapatkan dari Lagu “Tuhan Memanggilmu” NKB 126:1


Menyanyikan NKB 126:1 “Tuhan Memanggilmu”

Tuhan memanggilmu, hai dengarlah:
“Apa pun yang terbaik, ya b’rikanlah!”
Dan jangan ‘kau kejar hormat semu,
muliakan saja Yesus, Tuhanmu.

Reff
Tiap karya diberkatiNya,
namun yang terbaik dimintaNya.
Walaupun tak besar talentamu,
b’ri yang terbaik kepada Tuhanmu.

Tuliskanlah makna yang kalian dapatkan dari lagu di atas!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Apersepsi Menyanyikan “Tuhan Memanggilmu” NKB 126:1, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 4 Talentaku, halaman 35.

Jawaban:

Makna Lagu NKB 126:1 “Tuhan Memanggilmu”

Lagu NKB 126:1 “Tuhan Memanggilmu” memiliki makna yang mendalam tentang bagaimana kita sebagai orang Kristen harus mempersembahkan talenta terbaik kita kepada Tuhan. Berikut adalah beberapa makna yang dapat dipetik dari lagu tersebut:

1. Panggilan Tuhan untuk Mempersembahkan Talenta Terbaik

Bagian pertama lagu ini menyatakan bahwa Tuhan memanggil setiap orang untuk memberikan yang terbaik dalam hidup mereka. Panggilan ini bukan untuk mencari pujian atau pengakuan manusia, melainkan untuk memuliakan Yesus, Tuhan kita.

2. Setiap Karya Diberkati Tuhan

Bagian refrein lagu ini mengingatkan kita bahwa setiap karya yang kita lakukan, baik besar maupun kecil, diberkati oleh Tuhan. Hal ini berarti bahwa Tuhan menghargai semua usaha dan kerja keras kita, regardless of the outcome.

3. Memberikan Talenta Terbaik, Terlepas dari Besar Kecilnya

Meskipun talenta yang kita miliki berbeda-beda, Tuhan tetap meminta kita untuk memberikan yang terbaik. Kita tidak perlu merasa rendah diri jika talenta kita tidak sebesar orang lain. Yang terpenting adalah kita menggunakan talenta kita dengan penuh dedikasi dan sepenuh hati untuk melayani Tuhan dan sesama.

4. Kebahagiaan Sejati

Memberikan talenta terbaik kepada Tuhan bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga merupakan sumber kebahagiaan sejati. Ketika kita menggunakan talenta kita untuk melayani Tuhan, kita akan merasakan sukacita dan kepuasan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

5. Motivasi untuk Berkembang

Lagu ini juga memotivasi kita untuk terus mengembangkan talenta yang kita miliki. Kita dapat belajar dan meningkatkan kemampuan kita agar dapat memberikan yang terbaik bagi Tuhan.

Kesimpulan

Lagu NKB 126:1 “Tuhan Memanggilmu” merupakan pengingat bagi kita untuk selalu mempersembahkan talenta terbaik kita kepada Tuhan. Kita tidak perlu khawatir tentang besar kecilnya talenta yang kita miliki, karena Tuhan menghargai semua usaha dan kerja keras kita. Ketika kita menggunakan talenta kita untuk melayani Tuhan dan sesama, kita akan merasakan kebahagiaan sejati dan mencapai tujuan hidup kita.

Jawaban singkat:

Makna yang saya dapatkan dari lagu Lagu NKB 126:1 “Tuhan Memanggilmu” adalah:
  • Memberikan talenta terbaik kepada Tuhan, bukan untuk mencari pujian manusia.
  • Mengingat bahwa setiap karya diberkati Tuhan, regardless of the outcome.
  • Tidak merasa rendah diri dengan talenta yang kita miliki, dan tetap memberikan yang terbaik.
  • Menemukan kebahagiaan sejati dengan menggunakan talenta untuk melayani Tuhan dan sesama.
  • Terus mengembangkan talenta untuk memberikan yang terbaik bagi Tuhan.

Komentar