Tujuan Disiplin menurut Singgih D. Gunarsa dalam Asti Fajjaria (2012)

Disiplin merupakan sebuah nilai penting yang perlu ditanamkan dalam diri setiap orang. Disiplin tidak hanya tentang menaati peraturan, tetapi juga tentang mengembangkan rasa tanggung jawab, kontrol diri, dan kesadaran sosial.

Berikut adalah tujuan disiplin menurut Singgih D. Gunarsa dalam Asti Fajjaria (2012):

1. Mengetahui pengetahuan dan pengertian sosial mengenai hak milik orang lain.

Disiplin membantu kita memahami hak milik orang lain dan mendorong mereka untuk menghormati hak tersebut. Hal ini penting untuk membangun masyarakat yang harmonis dan saling menghargai.

2. Mengerti larangan-larangan dan segera menurut untuk menjalankan kewajibannya.

Disiplin menumbuhkan kesadaran kita tentang aturan dan larangan yang berlaku di lingkungannya. Dengan disiplin, kita akan lebih mudah memahami konsekuensi dari tindakannya dan terdorong untuk menjalankan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab.

3. Mengerti tingkah laku yang baik dan yang buruk

Disiplin membantu kita untuk mengembangkan moralitas dan nilai-nilai positif. Dengan disiplin, kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga mereka dapat memilih tindakan yang tepat dalam berbagai situasi.

4. Belajar mengendalikan keinginan dan berbuat sesuatu tanpa merasa terancam oleh hukuman

Disiplin bukan hanya tentang patuh pada aturan karena takut hukuman. Disiplin yang sesungguhnya datang dari kesadaran dan kontrol diri. Dengan disiplin, kita belajar untuk mengendalikan keinginannya dan bertindak berdasarkan pertimbangan yang matang, tanpa merasa terancam oleh hukuman.

Itulah tujuan disiplin menurut Singgih D. Gunarsa dalam Asti Fajjaria (2012). Disiplin merupakan kunci untuk membangun karakter yang kuat dan bertanggung jawab. Dengan menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat berkontribusi pada terciptanya lingkungan yang kondusif dan harmonis di rumah, sekolah, dan masyarakat.

Komentar