Tiga Kelompok Kaum Muda dalam Hubungannya dengan Gereja menurut David Kinnaman

Pernahkah kamu merasa geregetan dengan gereja? Atau mungkin kamu mulai mempertanyakan imanmu? Tenang, kamu tidak sendirian. David Kinnaman, seorang peneliti terkenal, menemukan bahwa ada tiga tipe kaum muda dalam hubungannya dengan gereja:

1. Tipe Pengembara

Banyak kaum muda yang meninggalkan gereja, tapi masih merasa diri mereka Kristen. Alasan mereka meninggalkan gereja karena merasa gereja tidak nyambung dengan kebutuhan dan masalah mereka. Contohnya, mereka mungkin galau soal percintaan dan masa depan, tapi di gereja hanya membahas tentang dosa dan pertobatan.

2. Tipe Anak yang Hilang

Ada juga yang benar-benar meninggalkan gereja dan iman. Mereka jenuh dengan aturan dan birokrasi gereja yang ribet dan kaku. Mereka ingin bebas dan tidak mau terikat dengan aturan yang ketat.

3. Tipe Orang Buangan

Meskipun masih beriman, ada juga yang merasa terjebak antara budaya dan gereja. Mereka merasa tidak cocok dengan komunitas gereja tradisional. Mereka mungkin menyukai nilai-nilai Kristen, tapi tidak suka dengan gaya ibadah di gereja.

Temukan Tipemu!

Coba refleksikan dirimu dan temukan tipe yang paling sesuai denganmu. Apakah kamu tipe pengembara, anak yang hilang, atau orang buangan? Memahami tipemu bisa membantumu menemukan cara untuk tetap terhubung dengan iman dan komunitas yang sesuai.

Komentar