Sebutkan Minimal Dua Hal, Mengapa Kita Harus Berani Menghadapi Setiap Tantangan yang Ada Saat Ini!

Sebutkan minimal dua hal, mengapa kita harus berani menghadapi setiap tantangan yang ada saat ini!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 I. Evaluasi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 8 Bersiap Menghadapi Tantangan Pergaulan Masa Kini, halaman 85.

Jawaban:

Dua hal mengapa kita harus berani menghadapi setiap tantangan yang ada saat ini, yaitu:

1. Menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh

Tantangan ibarat rintangan dalam sebuah perlombaan. Semakin banyak rintangan yang dilalui, semakin kuat dan tangguh pula kita. Begitu pula dalam pergaulan masa kini. Banyaknya tantangan yang kita hadapi, seperti perundungan, penyalahgunaan narkoba, dan pengaruh negatif media sosial, dapat menjadi kesempatan untuk melatih mental dan karakter kita.

Ketika kita berani menghadapi dan mengatasi tantangan, kita belajar untuk:
  • Berpikir kritis: Kita tidak mudah terpengaruh oleh ajakan negatif teman sebaya dan mampu memilih mana yang baik dan buruk.
  • Menentukan sikap: Kita berani mengatakan "tidak" pada hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai moral dan agama.
  • Mencari solusi: Kita kreatif dan inovatif dalam mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Dengan melewati berbagai tantangan, kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh, siap menghadapi berbagai situasi sulit di masa depan.

2. Menjadi teladan bagi orang lain

Saat kita berani menghadapi tantangan dan menunjukkan sikap positif, kita menjadi teladan bagi orang lain. Keberanian kita dapat menginspirasi teman-teman untuk melakukan hal yang sama.

Sebagai contoh, ketika kita berani menegur teman yang melakukan perundungan, kita menunjukkan bahwa perundungan tidak dapat diterima dan harus dilawan. Tindakan kita dapat mendorong teman-teman lain untuk melakukan hal yang sama dan membantu menciptakan lingkungan pergaulan yang lebih positif.

Kesimpulan

Menghadapi tantangan pergaulan masa kini tidaklah mudah. Namun, dengan berani dan teguh pada nilai-nilai moral dan agama, kita dapat menjadi pribadi yang lebih kuat, tangguh, dan menjadi teladan bagi orang lain.

Komentar