Refleksi Pribadi: Dalam Segala Keadaan Kalian Tidak Sendiri Ada Satu Pribadi yang Senantiasa Menolong, Menyertai bahkan Menerangi Setiap Langkah Hidup Kalian

Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu:
Judul: ”Ku Tak Dapat Jalan Sendiri” - Nikita
  • Simak lagu "Ku Tak Dapat Jalan Sendiri" dan kalian nyanyikan dengan penghayatan!
  • Masing-masing membuat refleksi pribadi
  • Dalam segala keadaan kalian tidak sendiri ada satu Pribadi yang senantiasa menolong, menyertai bahkan menerangi setiap langkah hidup kalian.
  • Ketika menghadapi banyak godaan atau tantangan datanglah pada Yesus!
  • Yesus senantiasa hadir dalam diri kalian

Jawaban:

Refleksi Pribadi: Tak Pernah Sendiri bersama Yesus

Lirik lagu "Ku Tak Dapat Jalan Sendiri" benar-benar menyentuh hatiku. Rasanya seperti cerminan perjalananku sendiri. Kadang, hidup terasa berat, penuh godaan, dan gelap. Tapi lagu ini mengingatkan bahwa aku tidak benar-benar sendirian. Ada satu Pribadi yang selalu ada untukku, yaitu Yesus.

1. Dalam segala keadaan, aku tidak sendiri. Liriknya berkata, "Tiada orang yang menolong daku, ku sangat lemah dan letih." Aku pernah merasakan hal itu, merasa tidak ada yang mengerti dan bisa membantu. Tapi lagu ini mengingatkan bahwa Yesus selalu ada, bahkan ketika manusia menjauh. Dia adalah penolong sejati yang tidak pernah meninggalkan kita.

2. Ketika menghadapi godaan atau tantangan, datanglah pada Yesus! Liriknya berkata, "Melawati lembah duka semu, jalanku gelap dan ngeri." Kita semua pasti pernah tergoda melakukan hal yang salah atau merasa takut menghadapi masalah. Tapi lagu ini mengajak kita untuk datang kepada Yesus, meminta kekuatan dan bimbingan-Nya. Dia adalah terang yang menerangi jalan kita di saat kegelapan.

3. Yesus senantiasa hadir dalam diriku. Liriknya berkata, "Jalanlah Tuhan dekat padaku." Yesus bukan hanya Pribadi yang jauh di atas sana. Dia hadir dalam diri kita melalui Roh Kudus. Kita bisa merasakan kehadiran-Nya melalui doa, baca Alkitab, dan perbuatan baik. Dia adalah sahabat yang selalu ada untuk mendengar dan menghibur kita.

Refleksi ini mengajarkanku beberapa hal penting:
  • Aku harus lebih bersandar kepada Yesus. Dia adalah sumber kekuatan dan penghiburanku.
  • Tidak perlu takut menghadapi tantangan. Dengan Yesus, aku bisa melewati apapun.
  • Aku harus lebih peka terhadap kehadiran Yesus dalam diriku. Dia selalu ada bersamaku, bahkan ketika aku tidak merasakannya.

Bahasa lagu ini sederhana dan mudah dimengerti, namun pesannya sangat dalam. Lagu ini menjadi pengingat bagiku bahwa aku tidak pernah benar-benar sendirian. Yesus selalu ada di sampingku, menolongku, dan menerangi jalanku.

Teman-teman, ingatlah bahwa kalian juga tidak pernah sendirian. Yesus selalu bersama kalian. Datanglah kepada-Nya, dan rasakan kasih dan kekuatan-Nya dalam hidup kalian.

Komentar