Prinsip Hidup Berbuah menurut Prespektif Kristen

Sebagai remaja Kristen, kita ingin menjalani hidup yang berbuah. Tapi, apa sebenarnya arti hidup berbuah? Dan bagaimana kita bisa mewujudkannya? Yuk, simak prinsip hidup berbuah berikut ini:

1. Seorang Kristen dikenali dari buah-Nya

Seperti kata Yesus dalam Matius 7:17-18, "Pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedangkan pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik." Hal ini berlaku juga bagi kita. Sebagai orang Kristen, buah-buah kehidupan kita mencerminkan identitas kita. Apakah kita menunjukkan kasih, kebaikan, dan kedamaian? Atau kita lebih sering menunjukkan kemarahan, iri hati, dan keegoisan? Buah-buah ini menjadi tanda bagi orang lain tentang siapa diri kita dan apa yang kita yakini.

2. Buah hanya dapat dihasilkan bila tetap tinggal di dalam Kristus

Yohanes 15:4 berkata, "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku." Kita tidak dapat menghasilkan buah yang baik dengan kekuatan kita sendiri. Kita perlu terhubung dengan Yesus, Sang Sumber Kehidupan. Kita dapat melakukannya melalui doa, membaca Alkitab, dan menjalin hubungan yang dekat dengan-Nya.

3. Buah yang baik dihasilkan dari pohon yang berakar

Kolose 2:7 mengingatkan kita untuk "berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur." Sama seperti pohon membutuhkan akar yang kuat untuk bertumbuh, iman kita juga memerlukan fondasi yang kokoh. Kita perlu mempelajari Alkitab, memahami ajaran-ajaran Yesus, dan membangun iman yang teguh.

4. Seorang Kristen yang sejati harus berbuah

Yohanes 15:2 menyatakan, "Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah." Sebagai orang Kristen, kita tidak boleh puas dengan status quo. Kita harus terus bertumbuh dan menghasilkan buah yang lebih banyak. Kita dapat melakukannya dengan melayani orang lain, membagikan iman kita, dan terus belajar dan berkembang.

Jadi, prinsip hidup berbuah adalah hidup dengan menunjukkan kasih, kebaikan, dan kedamaian melalui perkataan dan perbuatan, dengan tetap tinggal di dalam Yesus dan berakar pada iman yang teguh.

Komentar