Naikkan Doa Syukur Karena Allah Telah Mengaruniakan Kemampuan Untuk Menghadapi Tantangan Hidup Sebagai Remaja!

Naikkan doa syukur karena Allah telah mengaruniakan kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup sebagai remaja!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 I. Evaluasi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 8 Bersiap Menghadapi Tantangan Pergaulan Masa Kini, halaman 85.

Jawaban:

Doa syukur karena Allah telah mengaruniakan kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup sebagai remaja.

Bapa yang penuh kasih,

Kami bersyukur atas anugerah-Mu yang luar biasa. Engkau telah menciptakan kami dengan kemampuan untuk belajar, berkembang, dan menghadapi berbagai tantangan hidup, termasuk dalam pergaulan masa kini.

Kami bersyukur atas:
  • Kemampuan berpikir kritis yang Engkau berikan untuk membantu kami memilah mana yang baik dan mana yang buruk dalam pergaulan.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sehingga kami dapat menjalin hubungan yang sehat dan positif dengan teman-teman.
  • Keberanian untuk mengatakan "tidak" terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang kami pegang teguh.
  • Kemampuan untuk mengendalikan diri sehingga kami tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif.
  • Kemampuan untuk memaafkan dan membangun kembali hubungan yang rusak.

Ya Bapa,

Kami mohon bimbingan-Mu agar kami dapat menggunakan kemampuan-kemampuan ini dengan bijak. Tolonglah kami untuk selalu memilih jalan yang benar dan menghindari pergaulan yang tidak sehat. Berikanlah kami kekuatan untuk tetap teguh dalam iman dan nilai-nilai yang kami pegang teguh.

Kami percaya bahwa dengan pertolongan-Mu,

Kami dapat melewati masa remaja dengan baik dan menjadi pribadi yang dewasa, beriman, dan berbudi pekerti luhur.

Amin.

Penjelasan:

Doa syukur ini menitikberatkan pada rasa terima kasih kepada Tuhan atas kemampuan-kemampuan yang diberikan kepada remaja untuk menghadapi tantangan pergaulan masa kini. Kemampuan-kemampuan tersebut dijelaskan secara spesifik beserta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini juga memohon bimbingan Tuhan agar remaja dapat menggunakan kemampuan-kemampuan tersebut dengan bijak dan tetap teguh dalam iman dan nilai-nilai yang dipegang teguh.

Komentar