Menurut Pendapat Kalian, Keteladanan Hidup Adalah? Dari Semua Kisah Tokoh di Atas, Tokoh Manakah yang Paling Berkesan Menurut Kalian, Berikan Alasanya?

1. Menurut pendapat kalian, keteladanan hidup adalah?
2. Dari semua kisah tokoh di atas, tokoh manakah yang paling berkesan menurut kalian, berikan alasanya?

Pertanyaan diatas adalah soal G. Evaluasi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 6 Keteladanan Hidup: Belajar Dari Tokoh, halaman 68.

Jawaban:

Keteladanan hidup adalah contoh perilaku dan tindakan yang baik dari seseorang yang dapat ditiru oleh orang lain. Keteladanan hidup dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi orang lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Tokoh yang paling berkesan bagi saya adalah Johannes Leimena. Alasan saya memilih beliau adalah karena:
  • Kenegarawanannya: Beliau dikenal sebagai negarawan sejati yang memiliki karakter individu yang baik. Beliau selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi.
  • Dedikasi dan Pengabdiannya: Beliau telah mendedikasikan hidupnya untuk melayani bangsa dan negara. Beliau telah terlibat dalam berbagai kabinet pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan selalu memberikan kontribusi yang positif.
  • Keteguhan Pendiriannya: Beliau tidak goyah oleh berbagai rintangan dan selalu teguh pada pendiriannya. Beliau tidak mudah terpengaruh oleh orang lain dan selalu berani memperjuangkan apa yang benar.
  • Ketenangannya: Beliau dikenal sebagai pribadi yang tenang dan mampu menyelesaikan berbagai masalah dengan kepala dingin. Ketenangannya menjadi contoh bagi orang lain untuk selalu berpikir jernih dalam menghadapi situasi yang sulit.
  • Pandangannya tentang Politik: Beliau memiliki pandangan yang positif tentang politik, yaitu bahwa politik adalah untuk melayani, bukan untuk berkuasa. Pandangan ini sangat inspiratif dan dapat menjadi pedoman bagi orang-orang yang ingin terjun ke dunia politik.

Kesimpulan:

Johannes Leimena adalah sosok yang patut diteladani karena kenegarawanannya, dedikasi dan pengabdiannya, keteguhan pendiriannya, ketenangannya, dan pandangannya tentang politik. Beliau adalah contoh pemimpin yang baik dan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

Komentar