Menurut Kalian Siapakah Roh Kudus? Apa yang Kalian Ketahui tentang Roh Kudus?

Setelah membaca uraian materi tentang penjelasan singkat pribadi Roh Kudus, berikan pendapat kalian dari pertanyaan berikut ini!
1. Menurut kalian siapakah Roh Kudus?
2. Apa yang kalian ketahui tentang Roh Kudus?

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 2. Memahami Pribadi Roh Kudus, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 7 Peran Roh Kudus Dalam Hidup Orang Beriman, halaman 71.

Jawaban:

1. Siapakah Roh Kudus?

Menurut uraian materi, Roh Kudus adalah pribadi ketiga dalam Trinitas, yaitu Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus), dan Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah yang berdiam di dalam hati orang percaya pada Yesus Kristus. Roh Kudus bukan suatu kekuatan atau energi, melainkan pribadi yang memiliki akal budi, perasaan, dan kehendak.

2. Apa yang kita ketahui tentang Roh Kudus?

Roh Kudus telah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama (Yehezkiel 36:27) dan digenapi pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:1-13).
Roh Kudus hadir dalam hidup orang percaya untuk:
  • Menolong kita dalam kelemahan dan kesusahan.
  • Menghibur kita dalam dukacita dan kesepian.
  • Memberi kuasa untuk melakukan kehendak Allah dan melawan dosa.
  • Membimbing kita dalam kehidupan dan membantu kita untuk memahami firman Tuhan.
  • Memberi karunia Roh Kudus untuk melayani Tuhan dan membangun tubuh Kristus.

Penjelasan Lebih Lanjut:

  • Roh Kudus sering digambarkan dengan simbol-simbol seperti api, angin, air, dan burung merpati.
  • Roh Kudus berkarya dalam berbagai cara, seperti: Menerangi pikiran kita untuk memahami kebenaran firman Tuhan, Mengubah hati kita untuk menjadi lebih seperti Yesus, dan Memberi kekuatan untuk melakukan pekerjaan Tuhan.
  • Setiap orang percaya memiliki Roh Kudus di dalam hatinya, dan Roh Kudus ingin untuk berbicara kepada kita dan membimbing kita dalam kehidupan.

Kesimpulan:

Roh Kudus adalah pribadi yang sangat penting dalam kehidupan orang percaya. Roh Kudus adalah penolong, penghibur, dan pemberi kuasa. Roh Kudus ingin untuk berada dekat dengan kita dan membantu kita dalam segala hal.