Kunci Jawaban Agama Kristen Kelas 8 Halaman 68 Tokoh Idola yang Kamu Kagumi

Setelah kamu mempelajari tentang keteladanan hidup: belajar dari tokoh, mari refleksikan secara pribadi dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Sebutkan dan ceritakan tokoh idola yang kamu kagumi?
2. Mengapa kamu mengagumi tokoh tersebut?
3. Teladan hidup seperti apakah yang sudah kalian terima dan kalian terapkan dalam kehidupan?

Pertanyaan diatas adalah soal F. Refleksi “Belajar dari Tokoh”, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 6 Keteladanan Hidup: Belajar Dari Tokoh, halaman 68.

Jawaban:

Tokoh Idola: Johannes Leimena

1. Tokoh Idola

Tokoh idola yang saya kagumi adalah Dr. Johannes Leimena, seorang pahlawan nasional Indonesia yang dikenal sebagai negarawan sejati. Beliau dikenal dengan pemikirannya yang cerdas, kebijaksanaannya dalam memimpin, dan kepeduliannya terhadap rakyat.

2. Alasan Mengagumi

Saya mengagumi Dr. Johannes Leimena karena beberapa alasan berikut:
  • Kenegarawanannya: Beliau telah menunjukkan dedikasi dan pengabdiannya yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Terbukti dengan kiprahnya dalam berbagai kabinet di masa kepemimpinan Presiden Soekarno, dan kemampuannya dalam memimpin bangsa di tengah berbagai tantangan.
  • Karakternya yang tenang: Beliau dikenal dengan sifatnya yang tenang dan selalu mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah. Sikapnya ini sangatlah inspiratif, terutama di tengah situasi yang penuh dengan perbedaan pendapat.
  • Keteguhan prinsipnya: Beliau teguh dalam pendiriannya dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Hal ini terlihat dari komitmennya terhadap nilai-nilai Pancasila dan iman Kristen, yang beliau perjuangkan dengan penuh integritas.
  • Kepeduliannya terhadap rakyat: Beliau selalu memperhatikan kebutuhan rakyat dan berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Terutama dalam bidang kesehatan, beliau telah banyak berkontribusi dalam pembangunan dan pelayanan kesehatan di Indonesia.

3. Teladan Hidup yang Diterapkan

Beberapa teladan hidup Dr. Johannes Leimena yang telah saya terima dan terapkan dalam kehidupan adalah:
  • Semangat nasionalisme: Beliau telah mengajarkan arti pentingnya mencintai tanah air dan rela berkorban untuk bangsa. Hal ini memotivasi saya untuk selalu berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa Indonesia.
  • Keteladanan dalam kepemimpinan: Beliau menunjukkan bahwa pemimpin yang baik adalah yang mampu memimpin dengan tenang, bijaksana, dan adil. Hal ini mendorong saya untuk selalu mengembangkan kemampuan kepemimpinan yang positif dan inspiratif.
  • Nilai-nilai toleransi dan kerukunan: Beliau merupakan contoh figur yang mampu hidup berdampingan dengan damai di tengah perbedaan. Sikapnya ini memotivasi saya untuk selalu menjaga toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.
  • Komitmen terhadap nilai-nilai moral: Beliau menunjukkan bahwa integritas dan moralitas adalah hal yang fundamental dalam kehidupan. Hal ini mendorong saya untuk selalu berpegang teguh pada nilai-nilai moral dan bertindak dengan penuh tanggung jawab.

Kesimpulan

Dr. Johannes Leimena adalah sosok negarawan sejati yang patut diteladani. Keteladanannya dalam berbagai aspek kehidupan telah memberikan inspirasi bagi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berkontribusi positif bagi bangsa Indonesia.

Komentar