Kunci Jawaban Agama Kristen Kelas 8 Halaman 70 Ketika Mengalami Kesulitan, Masalah, dan Pergumulan

Satu hal yang sering dirasakan manusia ketika mengalami kesulitan, masalah, dan pergumulan yaitu merasakan kesepian, merasa ditinggalkan, dan merasa tidak ada seorang pun yang peduli dengan dirinya termasuk Tuhan. Apakah kalian pernah merasakan kondisi tersebut? Apa yang akan kalian lakukan ketika mengalami kondisi tersebut?

Pertanyaan diatas adalah soal Apersepsi “Ketika Mengalami Kesulitan, Masalah, dan Pergumulan”, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 7 Peran Roh Kudus Dalam Hidup Orang Beriman, halaman 70.

Jawaban:

Ketika merasakan kesepian dan ditinggalkan:

Ya, aku pernah merasakan kondisi seperti itu. Saat ayahku meninggal dunia ketika aku duduk di bangku SMP, aku merasa sangat sedih dan kesepian. Aku kehilangan sosok ayah yang selalu menjadi panutanku. Aku juga merasa terbebani dengan tanggung jawab untuk membantu ibu dan adik-adikku.

Perasaan yang muncul:

Saat itu, aku merasakan berbagai macam perasaan, seperti:
  • Kesedihan: Aku merasa sangat sedih karena kehilangan ayahku. Aku masih ingat bagaimana aku menangis dan meronta-ronta saat melihat ayahku terbaring tak berdaya di rumah sakit.
  • Ketakutan: Aku merasa takut akan masa depan. Aku tidak tahu bagaimana aku dan keluarga akan hidup tanpa ayahku.
  • Kesepian: Aku merasa sangat kesepian. Aku kehilangan sosok ayah yang selalu ada untukku. Aku tidak tahu kepada siapa aku harus berbagi cerita dan perasaan.
  • Marah: Aku merasa marah kepada Tuhan. Aku tidak mengerti mengapa Tuhan mengambil ayahku begitu cepat.

Cara mengatasinya:

Menghadapi perasaan-perasaan tersebut, aku melakukan beberapa hal untuk mengatasinya, seperti:
  • Menangis: Aku membiarkan diriku menangis dan mengeluarkan semua kesedihanku. Menangis membantuku untuk melepaskan rasa sakit yang ada di hatiku.
  • Berdoa: Aku berdoa kepada Tuhan untuk memohon kekuatan dan penghiburan. Aku percaya bahwa Tuhan selalu ada bersamaku dan akan membantuku melewati masa-masa sulit ini.
  • Berbicara dengan orang yang aku percaya: Aku berbicara dengan ibu, kakak, dan teman-teman tentang perasaan yang aku alami. Berbicara dengan orang lain membantuku untuk merasa tidak sendirian.
  • Melakukan kegiatan positif: Aku melakukan kegiatan positif seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan berolahraga. Kegiatan positif membantuku untuk mengalihkan perhatian dari kesedihan dan fokus pada hal-hal yang positif.

Pesan untukmu:

Jika kamu pernah merasakan kesepian dan ditinggalkan, aku ingin kamu tahu bahwa kamu tidak sendirian. Tuhan selalu ada bersamamu dan akan membantumu melewati masa-masa sulit ini. Kamu juga bisa berbicara dengan orang yang kamu percaya untuk mendapatkan dukungan dan penghiburan. Lakukanlah kegiatan positif untuk mengalihkan perhatian dari kesedihan dan fokus pada hal-hal yang positif.

Komentar