Kunci Jawaban Agama Kristen Kelas 8 Halaman 88 Cerita tentang Petani Jagung

Apa yang dapat kalian pelajari dari cerita di atas?

Pertanyaan diatas adalah soal Apersepsi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 9 Hidup Dalam Nilai-Nilai Kristiani, halaman 88.

Jawaban:

Dari cerita di atas, kita dapat belajar beberapa hal penting, yaitu:

1. Berpikir Luas dan Saling Membantu

Petani jagung dalam cerita tersebut menunjukkan bahwa dia tidak hanya memikirkan keuntungan dirinya sendiri. Dia menyadari bahwa kualitas jagungnya juga dipengaruhi oleh kualitas jagung di sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa dia berpikir luas dan memahami bahwa saling membantu dapat membawa keuntungan bagi semua pihak.

2. Keuntungan dari Berbagi

Meskipun membagikan biji jagung terbaik, petani tersebut tetap mendapatkan juara utama dalam Perlombaan Tani Nasional. Hal ini menunjukkan bahwa berbagi tidak selalu berarti kehilangan. Justru, dengan berbagi, dia mendapatkan keuntungan yang lebih besar, yaitu panen jagung yang berkualitas tinggi.

3. Pentingnya Kerjasama

Cerita ini juga menunjukkan pentingnya kerjasama. Ketika para petani di sekitar menanam jagung dengan mutu yang rendah, hal itu dapat menurunkan mutu jagung secara keseluruhan. Namun, ketika mereka bekerja sama dan saling membantu dengan menanam jagung berkualitas tinggi, semua pihak akan mendapatkan keuntungan.

4. Kebaikan Hati

Petani tersebut menunjukkan kebaikan hati dengan membagikan biji jagung terbaik kepada orang lain. Dia tidak pelit dengan ilmunya dan ingin membantu orang lain untuk sukses. Kebaikan hatinya tersebut patut kita teladani.

Kesimpulan

Cerita tentang petani jagung ini mengajarkan kita tentang pentingnya berpikir luas, saling membantu, kerjasama, dan kebaikan hati. Ketika kita memiliki sifat-sifat tersebut, kita tidak hanya akan mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain dan lingkungan sekitar.

Komentar