Kunci Jawaban Agama Kristen Kelas 8 Halaman 113 Hubungan antar Agama Eksklusif, Inklusif, dan Pluralis

Setelah kalian memahami berbagai sikap dalam menjalin hubungan antar umat beragama, selanjutnya bentuklah dalam beberapa kelompok dan lakukan diskusi berkaitan dengan hubungan antar agama yaitu eksklusif, inklusif, dan pluralis. Dari ketiga sikap itu, manakah yang kalian pilih? Jelaskan alasan pilihanmu. Diskusikan pilihan itu dalam 20 menit.

Pertanyaan diatas adalah soal diskusi berkaitan dengan hubungan antar agama, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 11 Kerukunan Antar Umat Beragama, halaman 113.

Jawaban:

Kelompok: 3 (Marta, Torang, Golap, Tiurmabereng)

Pilihan Sikap: Pluralis

Alasan:

Kami memilih sikap pluralis karena beberapa alasan berikut:

1. Sesuai dengan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika

Pluralisme sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" yang mengakui adanya berbagai agama di Indonesia. Bhineka Tunggal Ika juga menegaskan persatuan bangsa dalam keragaman, termasuk keragaman agama.

2. Mendorong Toleransi dan Kerukunan
Pluralisme mendorong sikap toleransi dan saling menghormati antarumat beragama. Hal ini penting untuk menjaga kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat majemuk seperti Indonesia.

3. Menghargai Keberagaman
Pluralisme mengakui bahwa setiap agama memiliki nilai dan ajarannya sendiri. Sikap ini mendorong kita untuk menghargai perbedaan dan tidak memaksakan keyakinan kita kepada orang lain.

4. Memperkaya Wawasan dan Pengalaman
Dengan mempelajari dan memahami agama lain, kita dapat memperkaya wawasan dan pengalaman kita. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih memahami dunia dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Kesimpulan:

Pluralisme merupakan sikap yang paling tepat untuk menjalin hubungan antar umat beragama di Indonesia. Sikap ini sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, serta mendorong toleransi, kerukunan, dan penghargaan terhadap keberagaman.

Komentar