Kunci Jawaban Agama Kristen Kelas 8 Halaman 116 Respon dan Makna Lagu KJ 64 “Bila Kulihat Bintang Gemerlapan”

Menyanyikan lagu KJ. 64: “Bila Kulihat Bintang Gemerlapan”.

1. Bila kulihat bintang gemerlapan dan bunyi guruh riuh kudengar, ya Tuhanku, tak putus aku heran melihat ciptaan-Mu yang besar. Maka jiwaku pun memuji-Mu: “Sungguh besar Kau, Allahku!” Maka jiwaku pun memuji-Mu: “Sungguh besar Kau, Allahku!”

2. Ya Tuhanku, pabila kurenungkan pemberian-Mu dalam Penebus, ‘ku tertegun: bagiku dicurahkan oleh Putra-Mu darah-Nya kudus. Maka jiwaku pun memuji-Mu: “Sungguh besar Kau, Allahku!” Maka jiwaku pun memuji-Mu: “Sungguh besar Kau, Allahku!”

Bagaimana responmu setelah menyanyikan lagu ini? Apa makna yang diperoleh dari lirik lagu di atas?

Pertanyaan diatas adalah soal Respon dan Makna Lagu KJ 64 “Bila Kulihat Bintang Gemerlapan”, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 12 Karya Pemeliharaan Allah Dalam Ciptaan-Nya, halaman 116.

Jawaban:

Setelah menyanyikan lagu KJ. 64: "Bila Kulihat Bintang Gemerlapan", hati saya diliputi rasa kagum dan syukur yang mendalam kepada Tuhan.

Makna yang saya peroleh dari lirik lagu tersebut adalah:

1. Keagungan Tuhan
  • Bait pertama lagu ini menggambarkan keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya yang luar biasa, seperti bintang-bintang yang gemerlapan dan guruh yang riuh. Hal ini mengingatkan kita betapa kecilnya diri kita dibandingkan dengan kuasa dan kebesaran Tuhan.
  • Lirik "Sungguh besar Kau, Allahku!" merupakan ungkapan kekaguman dan rasa syukur atas kebesaran Tuhan.

2. Kasih Allah
  • Bait kedua lagu ini berfokus pada kasih Allah yang diwujudkan melalui Yesus Kristus, sang Penebus.
  • Lirik "bagiku dicurahkan oleh Putra-Mu darah-Nya kudus" menunjukkan pengorbanan Yesus yang luar biasa untuk menebus dosa manusia.
  • Rasa kagum terhadap keagungan Tuhan diiringi dengan rasa syukur atas kasih-Nya yang menyelamatkan manusia.

Respon saya terhadap lagu ini:
  • Rasa kagum: Saya tercengang melihat betapa luas dan indahnya alam semesta ciptaan Tuhan. Bintang-bintang yang gemerlapan dan guruh yang riuh menunjukkan kuasa Tuhan yang luar biasa.
  • Rasa syukur: Saya bersyukur atas kasih Allah yang tak terhingga. Yesus Kristus telah mengorbankan diri-Nya untuk menebus dosa manusia.
  • Tekad untuk hidup sesuai kehendak Tuhan: Terinspirasi dari lagu ini, saya ingin hidup dengan penuh rasa syukur dan kasih kepada Tuhan dan sesama.

Komentar