Kunci Jawaban Agama Kristen Kelas 8 Halaman 22 Mengenai Temuan Baru Teknologi serta Pengaruhnya Terhadap Lingkungan Hidup

Carilah artikel menarik yang diperoleh dari koran, majalah, atau website kemudian bahaslah dalam kelompok mengenai temuan baru teknologi serta pengaruhnya terhadap lingkungan hidup kalian. Pertanyaan pengarah sebagai berikut!
  1. Setelah membaca artikel tersebut, tuliskan sisi positif dan negatif dalam artikel tersebut?
  2. Bagaimana dampaknya terhadap lingkungan?
  3. Sebagai orang percaya, bagaimanakah seharusnya sikap kalian menyikapi keadaan tersebut?

Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 2 Perkembangan Teknologi di Era Digital, halaman 22.

Jawaban:

Artikel diperoleh dari website: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-artificial-intelligence-teknologi-yang-akan-mengubah-kehidupan-manusia/ berjudul Mengenal Artificial Intelligence: Teknologi yang akan Mengubah Kehidupan Manusia.

1. Sisi positif dan negatif AI dalam artikel tersebut

Sisi positif AI
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja
  • Meningkatkan kualitas hidup manusia
  • Menciptakan inovasi baru
  • Membantu menyelesaikan masalah kompleks

Sisi negatif AI
  • Dapat menyebabkan pengangguran
  • Dapat menimbulkan bias dan diskriminasi
  • Dapat digunakan untuk kejahatan
  • Dapat membahayakan lingkungan

Penjelasan

Sisi positif AI

AI memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, terutama dalam hal-hal yang bersifat rutin dan berulang-ulang. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengotomatiskan pekerjaan-pekerjaan di pabrik, perkantoran, dan layanan pelanggan. Hal ini dapat membebaskan manusia untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih kreatif dan membutuhkan pemikiran kritis.

AI juga dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memberikan berbagai macam kemudahan dan kenyamanan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan robot yang membantu manusia dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, merawat orang tua, atau bahkan menemani anak-anak bermain.

Selain itu, AI juga dapat menciptakan inovasi baru di berbagai bidang. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan baru, metode pengobatan baru, atau teknologi baru untuk mengatasi masalah lingkungan.

Terakhir, AI juga dapat membantu menyelesaikan masalah kompleks yang tidak dapat diselesaikan oleh manusia. Misalnya, AI dapat digunakan untuk memprediksi cuaca, mendeteksi penyakit, atau menemukan sumber daya alam yang baru.

Sisi negatif AI

Di sisi lain, AI juga memiliki potensi negatif yang perlu diwaspadai. Salah satu sisi negatif AI adalah dapat menyebabkan pengangguran. Hal ini karena AI dapat menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh manusia. Misalnya, AI dapat digunakan untuk menggantikan pekerjaan operator pabrik, teller bank, atau bahkan sopir.

Selain itu, AI juga dapat menimbulkan bias dan diskriminasi. Hal ini karena AI dilatih dengan menggunakan data yang dihasilkan oleh manusia. Jika data tersebut mengandung bias, maka AI juga akan menghasilkan hasil yang bias. Misalnya, AI yang dilatih dengan data yang hanya berisi gambar orang kulit putih, maka AI tersebut akan lebih akurat dalam mengenali wajah orang kulit putih daripada orang kulit hitam.

AI juga dapat digunakan untuk kejahatan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan senjata otonom yang dapat membunuh tanpa campur tangan manusia. Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk menyebarkan berita bohong atau propaganda.

Terakhir, AI juga dapat membahayakan lingkungan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi yang lebih efisien dalam penggunaan energi, tetapi teknologi tersebut juga dapat menghasilkan limbah yang lebih banyak.

2. Dampak AI terhadap lingkungan

Dampak AI terhadap lingkungan dapat bersifat positif maupun negatif.

Dampak positif

AI dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi yang lebih efisien dalam penggunaan energi. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan kendaraan listrik atau alat-alat rumah tangga yang lebih hemat energi. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi yang dapat membantu mengatasi masalah lingkungan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan metode pengolahan limbah yang lebih efisien atau metode pemantauan lingkungan yang lebih akurat.

Dampak negatif

AI juga dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi yang lebih efisien dalam penggunaan sumber daya alam. Namun, teknologi tersebut juga dapat menghasilkan limbah yang lebih banyak.

Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk mengembangkan teknologi yang dapat merusak lingkungan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan senjata yang dapat menimbulkan polusi udara atau polusi laut.

3. Sikap orang percaya terhadap AI

Sebagai orang percaya, kita perlu menyikapi kemajuan teknologi AI dengan bijak. Kita harus menyadari bahwa AI adalah alat yang dapat digunakan untuk kebaikan atau kejahatan. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan AI dengan bertanggung jawab dan sesuai dengan nilai-nilai kristiani.

Berikut adalah beberapa sikap yang dapat kita lakukan sebagai orang percaya dalam menyikapi AI:
  • Mengembangkan AI yang selaras dengan nilai-nilai kristiani. Kita perlu memastikan bahwa AI digunakan untuk kebaikan dan tidak digunakan untuk kejahatan. Misalnya, kita perlu mengembangkan AI yang dapat membantu orang miskin, melindungi lingkungan, dan mempromosikan perdamaian.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak AI. Kita perlu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi positif dan negatif AI. Hal ini penting agar masyarakat dapat menggunakan AI dengan bijak dan bertanggung jawab.
  • Melakukan penelitian tentang AI. Kita perlu melakukan penelitian tentang AI untuk memahami potensi dan risikonya. Hal ini penting agar kita dapat mengembangkan AI yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia.

Dengan sikap yang bijak dan bertanggung jawab, kita dapat memastikan bahwa AI digunakan untuk kebaikan dan tidak digunakan untuk kejahatan.

Komentar