Komitmen Bersama Saya Mengurangi Penggunaan Plastik (Go Green)

Komitmen Bersama: Saya (sebutkan nama) bersedia mengurangi penggunaan plastik (Go Green) dalam wujud tidak memakai kantong plastik dan membawa botol/tumbler dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 5. Membuat Komitmen Bersama “Mengurangi Penggunaan Plastik (Go Green)”, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 12 Karya Pemeliharaan Allah Dalam Ciptaan-Nya, halaman 122.

Jawaban:

Komitmen Bersama: Mengurangi Penggunaan Plastik (Go Green)

Nama: Parhundulan Simarloja

Komitmen:

Saya Parhundulan Simarloja bersedia mengurangi penggunaan plastik (Go Green) dalam wujud:
  • Tidak memakai kantong plastik saat berbelanja. Saya akan membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain atau bahan ramah lingkungan lainnya.
  • Membawa botol/tumbler sendiri untuk minum air putih. Saya tidak akan membeli air minum kemasan plastik.

Penjelasan:

Saya membuat komitmen ini karena saya menyadari bahwa penggunaan plastik berlebihan telah menjadi masalah besar bagi lingkungan. Plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, sehingga mencemari tanah dan laut. Plastik juga membahayakan hewan dan manusia.

Dengan mengurangi penggunaan plastik, saya ingin membantu menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi bumi untuk generasi mendatang. Saya percaya bahwa setiap tindakan kecil, seperti membawa tas belanja dan botol minum sendiri, dapat membuat perbedaan besar.

Alasan Memilih Komitmen Ini:

Ada beberapa alasan mengapa saya memilih komitmen ini:
  • Mudah dilakukan: Mengurangi penggunaan plastik adalah tindakan yang mudah dilakukan oleh semua orang. Kita hanya perlu mengubah kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bermanfaat bagi lingkungan: Mengurangi penggunaan plastik dapat membantu mengurangi polusi dan melindungi lingkungan.
  • Murah: Membawa tas belanja dan botol minum sendiri lebih murah daripada membeli plastik setiap kali berbelanja atau minum.
  • Memberi contoh yang baik: Dengan mengurangi penggunaan plastik, kita dapat memberi contoh yang baik kepada orang lain, terutama anak-anak.

Saya mengajak semua orang untuk bergabung dengan saya dalam komitmen ini. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik. Kita dapat membuat bumi ini lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

Komentar