Jelaskan Latar Belakang Perempuan yang Meminta Pertolongan Kepada Yesus?

Berdasarkan Matius 15:21-28, jelaskan latar belakang perempuan yang meminta pertolongan kepada Yesus?

Jawaban:

Latar Belakang Perempuan Kanaan yang Meminta Pertolongan Yesus:

Perempuan yang meminta pertolongan kepada Yesus dalam Matius 15:21-28 berasal dari Kanaan, sebuah daerah non-Yahudi yang dikenal orang Israel sebagai wilayah yang "cemar" dan "kafir." Ini menjadi poin penting karena Yesus pada saat itu fokus melayani umat Israel yang dianggap "domba-domba yang hilang" (ayat 24).

Berikut beberapa detail tentang latar belakangnya:
  • Perempuan ini berasal dari bangsa Siro-Fenisia dan dianggap asing oleh orang Israel. Ini menambah tantangannya dalam meminta pertolongan kepada Yesus.
  • Anak perempuannya kerasukan setan dan sangat menderita. Ini menjadi alasan utama ia mencari bantuan Yesus, rela melewati berbagai hambatan.
  • Meskipun awalnya diabaikan dan bahkan dihina oleh Yesus dan para murid, perempuan ini tetap gigih meminta belas kasihan. Ia menyembah Yesus dan mengakui imannya (ayat 25, 27).
  • Perempuan ini memahami perumpamaan Yesus tentang "anjing" dan dengan cerdas membalikkannya untuk menunjukkan imannya yang tulus dan rendah hati (ayat 27).

Singkatnya, perempuan Kanaan ini adalah seorang ibu yang putus asa mencari kesembuhan bagi anaknya. Ia mengatasi berbagai hambatan karena imannya yang kuat kepada Yesus dan kegigihannya dalam meminta pertolongan.

Komentar