Ceritakanlah Pengalaman, Bagaimana Kalian Merasa Diperlakukan Tidak Adil, Lalu Berikanlah Bagaimana Kalian Mengatasinya!

Bentuklah dalam kelompok 3-4 orang! Ceritakanlah pengalaman, bagaimana kalian merasa diperlakukan tidak adil, lalu berikanlah bagaimana kalian mengatasinya!
1. Pengalaman saya...
2. Cara saya mengatasinya...

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 4. Berbagi Cerita Diperlakukan Tidak Adil, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 5 Yesus Teladanku, halaman 54.

Jawaban:

Pengalaman Diperlakukan Tidak Adil

Anggota Kelompok:
(Nama 1)
(Nama 2)
(Nama 3)
(Nama 4)

Pengalaman:

1. Saya pernah diperlakukan tidak adil saat mengikuti pemilihan ketua OSIS. Saat itu, saya merasa memiliki banyak dukungan dan telah bekerja keras untuk kampanye. Namun, pada saat pengumuman hasil, saya tidak terpilih. Saya merasa kecewa dan sedih karena merasa telah dibohongi dan usaha saya tidak dihargai.

2. Saya pernah diperlakukan tidak adil oleh guru saya. Saat itu, saya tidak mengerjakan tugas karena ada halangan yang tidak terduga. Namun, guru saya tidak mau mendengarkan penjelasan saya dan langsung memberikan saya nilai jelek. Saya merasa kesal karena guru saya tidak mau memahami situasinya.

Cara Mengatasinya:

1. Ketika saya diperlakukan tidak adil dalam pemilihan ketua OSIS, saya berusaha untuk tetap tenang dan tidak terpancing emosi. Saya mencoba untuk memahami situasi dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saya juga belajar untuk menerima kenyataan dan tidak terus menerus meratapi kekalahan.

2. Ketika saya diperlakukan tidak adil oleh guru saya, saya berusaha untuk tetap sopan dan hormat. Saya menjelaskan situasinya dengan tenang dan memberikan bukti yang mendukung. Saya juga belajar untuk lebih proaktif dalam berkomunikasi dengan guru agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Penjelasan:

Ketika diperlakukan tidak adil, penting untuk tetap tenang dan tidak terpancing emosi. Kita harus berusaha untuk memahami situasi dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kita juga harus belajar untuk menerima kenyataan dan tidak terus menerus meratapi kesedihan.

Selain itu, penting untuk tetap sopan dan hormat kepada orang yang memperlakukan kita tidak adil. Kita harus menjelaskan situasinya dengan tenang dan memberikan bukti yang mendukung. Kita juga harus belajar untuk lebih proaktif dalam berkomunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Pesan Moral:

Pengalaman diperlakukan tidak adil dapat mengajarkan kita banyak hal tentang diri kita sendiri dan orang lain. Kita belajar untuk menjadi lebih kuat dan lebih tangguh dalam menghadapi situasi sulit. Kita juga belajar untuk lebih memahami arti keadilan dan bagaimana memperjuangkannya.

Dengan meneladani Yesus, kita dapat belajar untuk mengasihi dan mengampuni orang lain, bahkan ketika mereka memperlakukan kita tidak adil. Kita juga dapat belajar untuk selalu berpegang teguh pada kebenaran dan keadilan, meskipun itu sulit.

Komentar