Arti Integritas dalam Alkitab Beserta Contoh dan Relevansinya Bagi Orang Kristen Masa Kini

Kata "integritas" sendiri tidak ditemukan secara langsung dalam Alkitab, tetapi maknanya tersebar dalam berbagai ayat dan kisah. Berikut beberapa penjelasan mengenai arti integritas dalam Alkitab:

1. Keutuhan dan Kesempurnaan

Kata Ibrani yang sering diterjemahkan sebagai "integritas" dalam Perjanjian Lama memiliki arti "utuh", "sempurna", "tanpa cela", dan "tulus ikhlas". Hal ini menunjukkan bahwa orang yang berintegritas memiliki karakter yang kuat dan teguh, serta selalu berusaha melakukan apa yang benar di mata Tuhan.

2. Kejujuran dan Kebenaran

Dalam Perjanjian Baru, integritas dikaitkan dengan "kejujuran" dan "kebenaran". Orang yang berintegritas selalu berkata jujur dan bertindak sesuai dengan apa yang dia yakini. Dia tidak berbohong, menipu, atau memanipulasi orang lain.

3. Kesetiaan dan Ketaatan

Integritas juga berkaitan dengan "kesetiaan" dan "ketaatan" kepada Tuhan. Orang yang berintegritas setia kepada Tuhan dan selalu berusaha untuk taat kepada perintah-Nya. Dia tidak mudah tergoda untuk melakukan dosa atau menyimpang dari jalan yang benar.

Contoh Integritas dalam Alkitab

Beberapa contoh integritas yang dapat ditemukan dalam Alkitab, seperti:
  • Nuh: Nuh tetap setia kepada Tuhan meskipun dia diejek dan ditolak oleh orang-orang di sekitarnya.
  • Abraham: Abraham menunjukkan integritasnya ketika dia bersedia mengorbankan Ishak, anaknya, atas perintah Tuhan.
  • Ayub: Ayub tetap teguh dalam imannya kepada Tuhan meskipun dia mengalami banyak penderitaan.
  • Yesus: Yesus adalah teladan utama integritas. Dia selalu hidup dengan cara yang benar dan sesuai dengan kehendak Allah.

Relevansi Integritas bagi Orang Kristen Masa Kini

Integritas masih sangat relevan bagi orang Kristen masa kini. Di tengah dunia yang penuh dengan ketidakjujuran dan korupsi, orang Kristen diharuskan untuk tetap hidup dengan integritas. Berikut beberapa contoh bagaimana integritas dapat diterapkan dalam kehidupan orang Kristen masa kini:
  • Di sekolah: Menyontek saat ujian, berbohong kepada guru, atau memalsukan nilai adalah contoh tindakan yang tidak berintegritas. Orang Kristen harus menunjukkan integritas dengan belajar dengan giat dan mengerjakan tugas dengan jujur.
  • Di tempat kerja: Mencuri waktu perusahaan, mengambil keuntungan dari rekan kerja, atau melakukan korupsi adalah contoh tindakan yang tidak berintegritas. Orang Kristen harus menunjukkan integritas dengan bekerja dengan rajin, jujur, dan adil.
  • Di dalam Masyarakat: Berbohong kepada tetangga, menyebarkan gosip, atau melakukan penipuan adalah contoh tindakan yang tidak berintegritas. Orang Kristen harus menunjukkan integritas dengan menjadi tetangga yang baik, membantu orang lain, dan selalu berkata jujur.

Jadi, arti integritas dalam alkitab adalah bukan hanya tentang menjadi orang yang jujur dan adil, tetapi juga tentang memiliki karakter yang kuat dan teguh, serta selalu berusaha melakukan apa yang benar di mata Tuhan.

Komentar