Apakah Kalian Sadari Bahwa Era Digital Sudah Membawa Kita Kepada Refleksi Akan Pemeliharaan Allah dalam Hidup Kalian Selama Ini? Bentuk Pemeliharaan Allah Seperti Apakah yang Kalian Rasakan pada Era Digital?

Pada bagian bab sebelumnya kalian sudah mempelajari, bahwa saat ini kalian ada pada zaman era digital. Apakah kalian sadari bahwa era digital sudah membawa kita kepada refleksi akan pemeliharaan Allah dalam hidup kalian selama ini? Bentuk pemeliharaan Allah seperti apakah yang kalian rasakan pada era digital?

Pertanyaan diatas adalah soal Pertanyaan Pemantik, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 3 Allah Pemelihara Hidupku, halaman 24.

Jawaban:

Ya, saya menyadari bahwa era digital sudah membawa kita kepada refleksi akan pemeliharaan Allah dalam hidup kita selama ini. Era digital telah memberikan kita banyak kemudahan dan akses yang luas terhadap informasi. Hal ini membuat kita semakin sadar akan keberadaan Allah yang senantiasa memelihara dan menyertai kita dalam hidup kita.

Bentuk pemeliharaan Allah yang saya rasakan pada era digital antara lain:
  • Pemeliharaan Allah dalam hal kebutuhan hidup: Allah senantiasa menyediakan kebutuhan hidup kita, baik kebutuhan jasmani maupun rohani. Di era digital, kebutuhan jasmani kita dapat dipenuhi dengan mudah, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Begitu juga dengan kebutuhan rohani kita, seperti Alkitab, khotbah, dan sarana ibadah lainnya.
  • Pemeliharaan Allah dalam hal keselamatan: Allah senantiasa menjaga keselamatan kita dari segala bahaya dan ancaman. Di era digital, kita dapat terpapar oleh berbagai informasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kristiani. Namun, Allah senantiasa memberikan kita hikmat dan kekuatan untuk membedakan yang baik dari yang jahat.
  • Pemeliharaan Allah dalam hal hubungan dengan sesama: Allah senantiasa mempersatukan kita dengan sesama, baik secara fisik maupun secara digital. Di era digital, kita dapat menjalin hubungan dengan sesama secara lebih mudah dan luas. Kita dapat saling berbagi informasi, pengalaman, dan kasih sayang.

Berikut adalah beberapa contoh pemeliharaan Allah dalam hidup saya pada era digital:
  • Ketika saya sedang mengerjakan tugas sekolah, saya menemukan informasi yang bermanfaat di internet. Informasi tersebut membantu saya untuk menyelesaikan tugas saya dengan baik.
  • Ketika saya sedang merasa kesepian, saya dapat menghubungi teman-teman saya melalui media sosial. Mereka memberikan saya dukungan dan semangat.
  • Ketika saya sedang mengalami masalah, saya dapat berdoa kepada Allah. Allah memberikan saya hikmat dan kekuatan untuk menghadapi masalah tersebut.

Melalui pengalaman-pengalaman tersebut, saya semakin menyadari bahwa Allah senantiasa memelihara dan menyertai saya dalam hidup saya. Saya bersyukur kepada Allah atas pemeliharaan-Nya yang tak berkesudahan.

Komentar