Apa yang dapat Kalian Jadikan Teladan, dari Makna Lagu “Ku Mau S’perti-Mu Yesus”

Apa yang dapat kalian jadikan teladan, dari makna lagu diatas? Apakah kalian sudah menjadi teladan dalam kehidupan sehari- hari?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Kegiatan 1. Memahami Makna Lagu “Ku Mau S’perti-Mu Yesus”, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 5 Yesus Teladanku, halaman 49.

Jawaban:

Teladan dari Lagu "Ku Mau S'perti-Mu Yesus"

Lagu "Ku Mau S'perti-Mu Yesus" mengandung banyak teladan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

1. Kesediaan untuk dibentuk

Bagian pertama lagu ini menggambarkan kesediaan untuk dibentuk seperti bejana di tangan Tuhan. Ini berarti kita harus memiliki kerendahan hati dan mau menerima didikan dan pembentukan dari Tuhan. Kita harus terbuka terhadap teguran dan nasihat, serta terus belajar dan berkembang.

2. Menyerahkan hidup kepada Tuhan

Bagian selanjutnya menunjukkan penyerahan hidup sepenuhnya kepada Tuhan. Ini berarti kita mempercayakan hidup kita kepada Tuhan dan mengikuti kehendak-Nya. Kita hidup dengan tujuan untuk memuliakan nama Tuhan dan melakukan apa yang Dia ingin kita lakukan. 

3. Menjadi alat dalam rumah Tuhan

Lagu ini juga mengajak kita untuk menjadi alat dalam rumah Tuhan. Ini berarti kita menggunakan talenta dan kemampuan kita untuk melayani Tuhan dan sesama. Kita dapat menjadi alat Tuhan dengan berbagai cara, seperti membantu orang lain, menyebarkan kasih, dan menjadi teladan yang baik.

4. Meneladani Yesus dalam segala hal

Reff lagu ini menegaskan bahwa kita harus berusaha untuk menjadi seperti Yesus dalam segala hal. Ini berarti kita harus meneladani kasih, kebaikan, kesabaran, dan semua sifat-sifat Yesus lainnya. Kita harus berusaha untuk hidup seperti Yesus hidup, dan menjadi terang bagi dunia.

Menjadi Teladan dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari bukan berarti kita harus sempurna. Kita semua manusia dan pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, kita dapat berusaha untuk menjadi teladan dengan:
  • Menjadi contoh yang baik: Tunjukkan perilaku yang baik dan positif kepada orang lain. Bersikaplah sopan, ramah, dan hormat kepada semua orang.
  • Melakukan apa yang benar: Lakukan apa yang benar meskipun sulit. Hindari melakukan hal-hal yang salah, meskipun banyak orang yang melakukannya.
  • Membantu orang lain: Bantulah orang lain yang membutuhkan. Berikan kasih dan perhatian kepada mereka yang sedang kesusahan.
  • Menyebarkan kasih: Sebarkan kasih dan kebaikan kepada semua orang. Buatlah dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan tindakan-tindakan kecil yang penuh kasih.

Sebagai contoh, Anda sudah menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjadi contoh yang baik bagi adik-adik dan teman-teman. Anda dapat terus menjadi teladan dengan terus mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menjadi teladan bukan hanya tentang menjadi sempurna, tetapi tentang berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri dan menunjukkan kasih dan kebaikan kepada orang lain.

Komentar