Apa Wujud Tanggung Jawab Kalian dalam Merespon Pemeliharaan Allah dalam Kehidupan?

Apa wujud tanggung jawab kalian dalam merespon pemeliharaan Allah dalam kehidupan?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 Kegiatan 3 Pemeliharaan Allah dan Tanggung Jawab kita, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 3 Allah Pemelihara Hidupku, halaman 28.

Jawaban lengkap:

Wujud Tanggung Jawab Kita dalam Merespon Pemeliharaan Allah

Allah memelihara hidup kita dengan penuh kasih dan perhatian. Dia menyediakan semua yang kita butuhkan, baik secara fisik maupun rohani. Sebagai respon atas kasih dan pemeliharaan-Nya, berikut wujud tanggung jawab kita dalam merespon pemeliharaan Allah dalam kehidupan:

1. Bersyukur

Kita harus selalu bersyukur kepada Allah atas semua berkat yang Dia berikan. Bersyukur dapat dilakukan dengan mengucap syukur dalam doa, maupun dengan menunjukkan rasa syukur melalui tindakan. Contohnya, kita dapat bersyukur atas makanan yang kita makan, kesehatan yang kita miliki, dan orang-orang yang mengasihi kita.

2. Mengelola Ciptaan Allah dengan Baik

Allah telah mempercayakan bumi dan segala isinya kepada manusia untuk dikelola dengan baik. Kita harus menjaga kelestarian alam dan menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab. Contohnya, kita dapat menghemat air dan energi, menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Menjalankan Kehendak Allah

Allah memiliki rencana yang indah bagi hidup kita. Kita harus berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Contohnya, kita dapat membaca Alkitab untuk mengetahui kehendak Allah, berdoa untuk memohon hikmat, dan mengikuti teladan Yesus Kristus.

4. Membela Kebenaran dan Keadilan

Allah adalah Allah yang adil dan benar. Kita harus berani membela kebenaran dan keadilan di mana pun kita berada. Contohnya, kita dapat menegur teman yang melakukan kecurangan, membantu orang yang sedang dirundung, dan melaporkan tindakan yang tidak adil kepada pihak yang berwenang.

5. Menebarkan Kasih dan Damai

Allah adalah sumber kasih dan damai. Kita harus meneladani kasih dan damai Allah dalam kehidupan kita. Contohnya, kita dapat bersikap ramah kepada semua orang, memaafkan orang yang telah menyakiti kita, dan membantu orang lain yang membutuhkan.

Jawaban singkat:

Wujud tanggung jawab kita dalam merespon pemeliharaan Allah dalam kehidupan adalah:
  • Bersyukur: Atas semua berkat, baik fisik maupun rohani.
  • Menjaga ciptaan-Nya: Mengelola alam dan sumber daya alam dengan baik.
  • Menjalankan kehendak-Nya: Hidup sesuai dengan rencana Allah.
  • Membela kebenaran & keadilan: Berani menegur yang salah dan membantu yang lemah.
  • Menebarkan kasih & damai: Bersikap ramah, memaafkan, dan membantu orang lain.

Komentar