5 Ciri Khas Sikap Disiplin Menurut Beny Kogoya dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Disiplin diri merupakan salah satu kunci utama dalam meraih kesuksesan. Kebiasaan ini membantu siswa untuk fokus pada tujuan mereka, menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Di era digital yang penuh dengan godaan, disiplin diri menjadi semakin penting bagi siswa.

Menurut Beny Kogoya ada beberapa ciri khas yang dapat menunjuk pada sikap disiplin yang relevan bagi siswa masa kini, yaitu:

1. Ketaatan dan Kepatuhan

Sebagai siswa, kita diwajibkan untuk mematuhi peraturan sekolah, seperti datang tepat waktu, mengikuti pelajaran dengan tertib, dan mengerjakan tugas tepat waktu. Ketaatan dan kepatuhan ini menunjukkan rasa hormat terhadap guru dan staf sekolah, serta mencerminkan tanggung jawab sebagai siswa.

2. Loyal terhadap Norma dan Aturan

Disiplin diri bukan hanya tentang mematuhi peraturan sekolah, tetapi juga norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Sebagai contoh, siswa harus disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan rumah, serta berperilaku sopan santun kepada orang tua, guru, dan teman sebaya.

3. Mampu Membedakan Tindakan yang Boleh dan yang Tidak Boleh

Disiplin diri membantu siswa untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan disiplin, siswa mampu menghindari kenakalan remaja dan perilaku negatif lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

4. Mampu Mengendalikan Diri

Di era digital ini, banyak godaan yang dapat mengganggu fokus belajar siswa, seperti media sosial dan game online. Dengan disiplin diri, siswa mampu mengendalikan diri dan fokus pada tujuan belajarnya.

5. Terus Melatih dan Membiasakan Diri Mengikuti Aturan, Norma dan Tata Tertib

Disiplin diri bukanlah sesuatu yang datang secara instan, melainkan perlu dilatih dan dibiasakan. Siswa dapat melatih disiplin diri dengan membuat jadwal belajar yang teratur, bangun pagi, dan berolahraga secara rutin.

Berikut adalah contoh penerapan disiplin diri dalam kehidupan sehari-hari:
  • Datang ke sekolah 15 menit sebelum bel masuk.
  • Mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian dan aktif bertanya.
  • Mengerjakan tugas sekolah tepat waktu dan dengan kualitas terbaik.
  • Membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  • Bersikap sopan santun kepada orang tua, guru, dan teman sebaya.
  • Menghormati norma dan aturan yang berlaku di masyarakat.
  • Mengatur waktu belajar dan bermain dengan seimbang.
  • Mengendalikan diri dari godaan media sosial dan game online.
  • Terus belajar dan mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Disiplin diri memang tidak mudah untuk diterapkan, tetapi dengan tekad dan latihan yang konsisten, siswa dapat menjadi pribadi yang disiplin dan sukses di masa depan.

Komentar