4 Bukti Pemeliharaan Allah Terhadap Seluruh Ciptaannya

Sejak awal penciptaan, Allah menunjukkan kasih dan kuasa-Nya melalui pemeliharaan-Nya terhadap seluruh ciptaannya.

Berikut adalah beberapa bukti pemeliharaan Allah terhadap seluruh ciptaannya:

1. Taman Eden dan Tanggung Jawab Manusia

Taman Eden, tempat tinggal Adam dan Hawa di awal penciptaan, merupakan bukti nyata pemeliharaan Allah. Di sana, Allah menyediakan segala kebutuhan mereka untuk hidup dan berkembang. Kehidupan yang harmonis ini diiringi dengan tanggung jawab untuk merawat dan menjaga alam, menunjukkan kepedulian Allah terhadap keseimbangan ekosistem. Keberontakan manusia terhadap Allah memang membawa konsekuensi, tetapi tanggung jawab untuk menjaga alam tetap melekat pada manusia. Hal ini menunjukkan bahwa pemeliharaan Allah tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga moral, dan manusia memiliki peran penting dalam menjaga ciptaan-Nya.

2. Pemeliharaan Allah Melalui Air Bah

Pemeliharaan Allah nyata dalam peristiwa air bah. Allah menyelamatkan Nuh dan keluarganya, serta hewan-hewan, dari bencana dahsyat ini dengan bahtera. Perintah untuk membawa sepasang hewan menunjukkan kepedulian Allah terhadap kelestarian spesies, memastikan kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Kisah ini menjadi bukti bahwa Allah memiliki kuasa atas alam dan selalu melindungi ciptaan-Nya, bahkan di tengah situasi yang paling ekstrem sekalipun.

3. Kehidupan yang Berkelanjutan di Tengah Bencana

Bencana alam tak terelakkan dalam kehidupan di bumi. Meskipun bencana datang silih berganti, kehidupan terus berlanjut. Kenyataan ini mendorong manusia untuk bertanggung jawab dalam menjaga kelangsungan hidup dan alam. Wabah Covid-19 menjadi contoh nyata kerapuhan manusia, namun di balik itu semua, ia juga mengingatkan bahwa badai pasti berlalu dan harapan akan masa depan yang lebih baik selalu ada.

4. Janji Keselamatan dan Pemulihan

Meski diterpa badai Covid-19, pemeliharaan Allah tak pernah berhenti. Janji keselamatan-Nya tetap teguh, dan ketika badai berlalu, pemulihan kehidupan menanti. Bencana bukan akhir, melainkan kesempatan untuk menyaksikan kuasa Allah yang mengangkat kita dari keterpurukan. Percayalah, masa depan penuh harapan bersama Tuhan.

Itulah 4 bukti pemeliharaan Allah terhadap seluruh ciptaannya. Bencana dan krisis memang datang silih berganti, namun pemeliharaan Allah tak pernah berhenti. Janji keselamatan-Nya adalah sumber kekuatan dan harapan di tengah badai kehidupan. Percayalah, masa depan penuh dengan optimisme bersama Tuhan.

Komentar