Tuliskanlah Tanggapan Kalian atas Syair Lagu NKB 219 - Satu Tanah Air

Mari Bernyanyi

Nyanyikanlah Kidung Baru 219 - Satu Tanah Air

Satu tanah air, satu bangsa, dan satu dalam bahasa.
Indonesia kebanggaanku, engkaulah tanah airku.
Alam indah mempesona, suku bangsa beraneka,
budayanya sungguh kaya, karya agung Sang Pencipta.
Mari kita semuanya menghayati maknanya,
satu tanah air kita, satu bangsa dan bahasa.

Nyanyian di atas menegaskan tentang realitas Indonesia yang beragam suku, bahasa, dan budayanya. Keragaman itu memanggil setiap orang untuk membangun toleransi dan solidaritas. Untuk itu, di buku kerjamu atau di kertas lain, tuliskanlah tanggapan kalian atas syair lagu tersebut!

Pertanyaan diatas adalah soal Mari Bernyanyi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 8 Iman Kristen dan Pancasila, halaman 86.

Jawaban:

Tanggapan atas syair lagu Satu Tanah Air

Syair lagu Satu Tanah Air menegaskan tentang realitas Indonesia yang beragam suku, bahasa, dan budayanya. Keragaman ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Pencipta. Keragaman ini harus kita syukuri dan kita jaga.

Lirik pertama lagu tersebut menyatakan bahwa Indonesia memiliki satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang utuh dan bersatu. Meskipun memiliki perbedaan-perbedaan, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.

Lirik kedua lagu tersebut menggambarkan keindahan alam Indonesia yang mempesona. Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia juga merupakan keindahan tersendiri. Budaya yang kaya dan beragam juga merupakan karya agung Sang Pencipta.

Lirik ketiga lagu tersebut mengajak kita semua untuk menghayati makna dari satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada. Kita juga harus saling membantu dan bekerja sama untuk membangun bangsa dan negara Indonesia.

Keragaman suku, bahasa, dan budaya di Indonesia merupakan tantangan sekaligus peluang. Tantangan karena bisa menimbulkan konflik dan perpecahan. Peluang karena bisa menjadi kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Untuk mengatasi tantangan keragaman, kita perlu membangun toleransi dan solidaritas. Toleransi adalah sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan. Solidaritas adalah sikap saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Sebagai orang Kristen, kita memiliki tanggung jawab untuk membangun toleransi dan solidaritas di Indonesia. Kita harus menjadi teladan dalam hal menghormati dan menghargai perbedaan. Kita juga harus menjadi pelopor dalam membangun kerjasama dan persatuan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membangun toleransi dan solidaritas di Indonesia:
  • Mempelajari dan memahami budaya-budaya lain.
  • Bersikap ramah dan sopan kepada orang-orang dari suku dan budaya lain.
  • Mendukung kegiatan-kegiatan yang mempertemukan orang-orang dari berbagai suku dan budaya.
  • Mengkritik sikap-sikap intoleran dan diskriminatif.

Dengan membangun toleransi dan solidaritas, kita bisa mewujudkan Indonesia yang damai, bersatu, dan sejahtera.

Komentar