Tuliskan Sedikitnya Tiga Hal yang Harus Manusia Lakukan agar Kerusakan Alam Tidak Makin Meluas. Tuliskan Juga Tokoh-Tokoh/Pahlawan Lingkungan Hidup yang Dapat Diteladani

Tuliskan sedikitnya tiga hal yang harus manusia lakukan agar kerusakan alam tidak makin meluas. Tuliskan juga tokoh-tokoh/pahlawan lingkungan hidup yang dapat diteladani dari sikap hidupnya dalam merawat alam. Kerjakanlah di kertas terpisah!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Kegiatan 1: Menjawab Pertanyaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 12 Bahaya Kerusakan Alam, halaman 134.

Jawaban:

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan manusia agar kerusakan alam tidak makin meluas, yaitu:

1. Melakukan reboisasi
Reboisasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah kerusakan lingkungan alam. Dengan melakukan reboisasi, kita dapat menanam kembali pohon yang telah ditebang dan memulihkan ekosistem yang telah rusak.

2. Mengurangi konsumsi bahan-bahan yang berasal dari sumber daya alam yang tidak terbarukan
Bahan-bahan yang berasal dari sumber daya alam yang tidak terbarukan, seperti batu bara dan minyak bumi, dapat menyebabkan kerusakan lingkungan alam. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi konsumsi bahan-bahan ini.

3. Melakukan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan
Pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan adalah pengelolaan sumber daya alam yang tidak akan merusak lingkungan alam. Kita dapat melakukan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya alam secara efisien dan meminimalisir limbah yang dihasilkan.

Tokoh-tokoh/pahlawan lingkungan hidup yang dapat diteladani dari sikap hidupnya dalam merawat alam

Ada banyak tokoh-tokoh/pahlawan lingkungan hidup yang dapat diteladani dari sikap hidupnya dalam merawat alam. Beberapa di antaranya adalah:
  • Purwo Harsono, berhasil menjadikan hutan pinus Mangunan di Yogyakarta sebagai objek wisata yang tetap terjaga kelestariannya. Beliau juga berharap hasil pengembangan tersebut dapat digunakan untuk menjaga hutan agar tetap lestari.
  • Damianus Nadu, mempertahankan hutan adat warisan leluhurnya dari perusahaan kayu. Beliau bahkan pernah berhadapan dengan aparat agar hutan adatnya tidak diambil oleh perusahaan.
  • Darmawan Denassa, merintis kawasan konservasi bernama Rumah Hijau Denassa di Sulawesi Selatan. Kawasan tersebut berupaya menyelamatkan tumbuhan-tumbuhan lokal maupun langka, serta cerita di balik tumbuhan tersebut.

Penjelasan

Para tokoh/pahlawan lingkungan hidup ini telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian alam. Mereka telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah kerusakan lingkungan alam dan memulihkan ekosistem yang telah rusak. Sikap hidup mereka patut kita teladani agar kita dapat turut berperan dalam menjaga kelestarian alam.

Komentar