Tuliskan Doa yang Intinya Kalian Memohon Pengampunan dari Allah, juga Memohon Ampun atas Semua Kesalahan yang Telah Diperbuat Pada Sesama Maupun Tuhan


Doa Mohon Pengampunan

Tuliskan doa yang intinya kalian memohon pengampunan dari Allah, juga memohon ampun atas semua kesalahan yang telah diperbuat pada sesama maupun Tuhan!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 3 Meneladani Yesus dalam Mengampuni, halaman 37.

Jawaban:

Doa Mohon Pengampunan

Ya Allah, Bapa yang Maha Pengasih,

Kami datang kepada-Mu dengan hati yang hancur dan menyesal. Kami telah berbuat dosa kepada-Mu dan kepada sesama kami.

Kami telah mengecewakan-Mu dengan perbuatan kami yang tidak sesuai dengan kehendak-Mu. Kami telah menyakiti hati sesama kami dengan perkataan dan perbuatan kami yang tidak baik.

Kami memohon pengampunan-Mu yang sebesar-besarnya. Ampunilah kami atas semua kesalahan dan dosa kami.

Bantulah kami untuk menyadari kesalahan kami dan untuk tidak mengulanginya lagi. Berikanlah kami hati yang baru, yang penuh dengan kasih dan pengampunan.

Kami percaya bahwa Engkau adalah Allah yang penuh kasih dan pengampunan. Kami berharap Engkau mengampuni kami dan menerima kami kembali dalam kasih-Mu.

Dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

Penjelasan:

Doa ini memohon pengampunan dari Allah atas semua kesalahan yang telah diperbuat oleh seseorang. Doa ini dimulai dengan pengakuan dosa kepada Allah. Orang yang berdoa mengakui bahwa ia telah mengecewakan Allah dan sesamanya dengan perbuatannya.

Selanjutnya, orang yang berdoa memohon pengampunan dari Allah. Ia memohon agar Allah mengampuni semua kesalahan dan dosanya. Ia juga memohon agar Allah membantunya untuk menyadari kesalahannya dan untuk tidak mengulanginya lagi.

Doa ini diakhiri dengan pernyataan iman bahwa Allah adalah Allah yang penuh kasih dan pengampunan. Orang yang berdoa berharap bahwa Allah akan mengampuninya dan menerimanya kembali dalam kasih-Nya.

Doa ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan masing-masing orang. Misalnya, seseorang dapat menambahkan detail-detail tentang kesalahan yang telah ia perbuat. Ia juga dapat menambahkan permohonan-permohonan khusus kepada Allah.

Doa mohon pengampunan merupakan bagian penting dari kehidupan orang Kristen. Doa ini dapat membantu kita untuk menyadari kesalahan kita dan untuk memohon pengampunan dari Allah. Dengan memohon pengampunan dari Allah, kita dapat memiliki hubungan yang baik dengan-Nya dan dengan sesama kita.

Komentar