Tuliskan Deskripsi Kerusakan Lingkungan Alam Akibat Eksploitasi Tanpa Reboisasi. Tuliskan Juga Contoh yang Terjadi di Wilayah Kalian Masing-Masing

Tuliskan deskripsi kerusakan lingkungan alam akibat eksploitasi tanpa reboisasi. Tuliskan juga contoh yang terjadi di wilayah kalian masing-masing. Kerjakanlah di kertas terpisah!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Kegiatan 1: Menjawab Pertanyaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 12 Bahaya Kerusakan Alam, halaman 134.

Jawaban:

Eksploitasi sumber daya alam tanpa reboisasi merupakan salah satu penyebab utama kerusakan lingkungan alam. Kerusakan ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk, antara lain:

1. Penggundulan hutan
Hutan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, seperti menyerap air hujan, mencegah erosi, dan menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Namun, penebangan hutan secara liar dan tanpa mempertimbangkan reboisasi akan menyebabkan hutan menjadi gundul. Hal ini akan berdampak pada:
  • Meningkatnya aliran air permukaan karena tidak ada pohon yang menahan air hujan.
  • Mengikisnya tanah karena tidak ada akar pohon yang mengikat tanah.
  • Meningkatnya risiko banjir dan tanah longsor.

2. Pencemaran lingkungan
Eksploitasi sumber daya alam, seperti penambangan, dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Pencemaran ini dapat berupa pencemaran air, udara, dan tanah. Pencemaran air dapat terjadi akibat pembuangan limbah industri atau limbah rumah tangga ke sungai atau laut. Pencemaran udara dapat terjadi akibat pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara dan minyak bumi. Pencemaran tanah dapat terjadi akibat pembuangan limbah industri atau limbah rumah tangga ke tanah.

3. Kepunahan flora dan fauna
Hutan merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Eksploitasi sumber daya alam, seperti penebangan hutan, dapat menyebabkan kepunahan flora dan fauna.

Contoh kerusakan lingkungan alam akibat eksploitasi tanpa reboisasi di Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh kerusakan lingkungan alam akibat eksploitasi tanpa reboisasi di Indonesia:
  • Banjir bandang di Wasior, Papua, pada tahun 2010. Banjir ini disebabkan oleh penggundulan hutan di wilayah hulu Sungai Wasior.
  • Banjir dan longsor di Sumedang, Jawa Barat, pada awal tahun 2021. Banjir dan longsor ini disebabkan oleh penggundulan hutan di wilayah hulu Sungai Cihonje.
  • Pencemaran air Sungai Citarum, Jawa Barat. Pencemaran ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pembuangan limbah industri, limbah rumah tangga, dan sampah.

Penjelasan

Eksploitasi sumber daya alam tanpa reboisasi merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dan dapat berdampak buruk bagi lingkungan hidup. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyadari pentingnya reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali pohon yang telah ditebang. Reboisasi dapat membantu mencegah kerusakan lingkungan alam dan memulihkan ekosistem yang telah rusak.

Komentar