Tuliskan Arti Teologi Ekologi Menurut Pemahaman Kalian! Tuliskan Tiga Keuntungan Merawat Lingkungan Hidup!

Setelah kalian membaca pemaparan materi Teologi Ekologi di atas, jawablah pertanyaan berikut ini. Jawaban dituliskan di kertas terpisah!
  1. Tuliskan arti teologi ekologi menurut pemahaman kalian! Gunakan menurut kata-kata kalian sendiri dan jangan terpaku pada penjelasan teks!
  2. Tuliskan tiga keuntungan merawat lingkungan hidup!

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 1: Menjawab Pertanyaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 11 Teologi Ekologi, halaman 124.

Jawaban

Jawaban 1

Menurut pemahaman saya, teologi ekologi adalah sebuah kajian teologi yang membahas tentang hubungan antara manusia, alam, dan Allah. Teologi ekologi menekankan bahwa alam adalah ciptaan Allah yang harus dijaga dan dipelihara oleh manusia. Manusia memiliki tanggung jawab untuk merawat alam demi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup, termasuk manusia itu sendiri.

Penjelasan

Teologi ekologi berasal dari dua kata, yaitu "teologi" dan "ekologi". Teologi berarti "firman Allah", sedangkan ekologi berarti "ilmu tentang hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungan alam sekitarnya". Dengan demikian, teologi ekologi dapat diartikan sebagai "firman Allah tentang hubungan antara manusia, alam, dan Allah".

Teologi ekologi memandang bahwa alam bukanlah hanya sekedar tempat tinggal manusia, tetapi juga merupakan bagian dari kehidupan manusia. Alam memiliki nilai intrinsik yang harus dihargai dan dilindungi. Manusia memiliki kewajiban untuk merawat alam demi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup, termasuk manusia itu sendiri.

Jawaban 2

Berikut adalah tiga keuntungan merawat lingkungan hidup:

a. Menjaga kelangsungan hidup manusia
Lingkungan hidup yang sehat dan lestari merupakan prasyarat bagi kelangsungan hidup manusia. Alam menyediakan sumber daya yang dibutuhkan manusia untuk hidup, seperti udara, air, makanan, dan tempat tinggal. Jika lingkungan hidup rusak, maka sumber daya alam akan berkurang dan kualitasnya menurun. Hal ini akan mengancam kelangsungan hidup manusia.

b. Menjaga keseimbangan ekosistem
Lingkungan hidup yang sehat dan lestari juga penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Ekosistem merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai macam makhluk hidup dan lingkungannya. Keseimbangan ekosistem sangat penting untuk kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup.

c. Melestarikan keanekaragaman hayati
Lingkungan hidup yang sehat dan lestari juga penting untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati merupakan kekayaan alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Keanekaragaman hayati memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti menyediakan sumber daya alam, menjaga keseimbangan ekosistem, dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Penjelasan

Keuntungan merawat lingkungan hidup dapat dirasakan oleh manusia dan seluruh makhluk hidup. Dengan merawat lingkungan hidup, kita dapat menjaga kelangsungan hidup manusia, menjaga keseimbangan ekosistem, dan melestarikan keanekaragaman hayati.

Komentar