Tulis Contoh Diskriminasi Ras,Etnis Dan Gender Yang Terjadi Dalam Masyarakat. Lalu Tuliskan Hal Itu Bertentangan dengan Prinsip Ajaran Iman Kristen yang Sudah Kalian Pelajari

Tulis contoh diskriminasi ras,etnis dan gender yang terjadi dalam masyarakat. Lalu tuliskan hal itu bertentangan dengan prinsip ajaran iman Kristen yang sudah kalian pelajari. Guru dapat membantu dengan menjelaskan kembali apa arti tindakan dan sikap diskriminatif, misalnya pembedaan antara orang pribumi dengan keturunan lainnya, diskriminasi dalam berbagai aturan yang lebih menguntungkan laki-laki atau perempuan.

Pertanyaan diatas adalah soal Berbagi Pengalaman, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 9 Ras, Etnis, dan Gender, halaman 128.

Jawaban:

Contoh Diskriminasi Ras, Etnis, dan Gender
  • Diskriminasi ras terjadi ketika seseorang diperlakukan berbeda berdasarkan rasnya. Misalnya, seseorang yang berkulit hitam ditolak masuk ke restoran hanya karena rasnya.
  • Diskriminasi etnis terjadi ketika seseorang diperlakukan berbeda berdasarkan etnisnya. Misalnya, seseorang yang berasal dari suku tertentu ditolak mendapatkan pekerjaan hanya karena sukunya.
  • Diskriminasi gender terjadi ketika seseorang diperlakukan berbeda berdasarkan gendernya. Misalnya, seorang perempuan digaji lebih rendah daripada laki-laki untuk pekerjaan yang sama.

Prinsip Ajaran Iman Kristen yang Bertentangan dengan Diskriminasi
  • Prinsip kasih. Ajaran Kristen mengajarkan bahwa kita harus mengasihi sesama manusia tanpa memandang ras, etnis, atau gender. Yesus Kristus sendiri mengajarkan kita untuk mengasihi musuh-musuh kita (Matius 5:44).
  • Prinsip kesetaraan. Ajaran Kristen mengajarkan bahwa semua manusia adalah sama di hadapan Tuhan. Tidak ada perbedaan antara orang yang satu dengan yang lainnya, baik berdasarkan ras, etnis, maupun gender.
  • Prinsip keadilan. Ajaran Kristen mengajarkan bahwa semua manusia berhak mendapatkan perlakuan yang adil. Tidak boleh ada diskriminasi dalam hal apapun, termasuk ras, etnis, dan gender.

Penjelasan

Diskriminasi ras, etnis, dan gender bertentangan dengan prinsip ajaran iman Kristen karena hal tersebut melanggar prinsip kasih, kesetaraan, dan keadilan. Diskriminasi ras, etnis, dan gender menunjukkan bahwa seseorang tidak mengasihi sesamanya, tidak menganggap semua manusia sama, dan tidak memberikan keadilan kepada semua orang.

Diskriminasi ras, etnis, dan gender dapat berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan dan konflik antar kelompok masyarakat. Diskriminasi juga dapat menghambat pembangunan dan kemajuan masyarakat.

Oleh karena itu, kita harus bersama-sama melawan diskriminasi ras, etnis, dan gender. Kita harus saling menghargai dan menghormati, tanpa memandang ras, etnis, atau gender. Kita juga harus berjuang untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera bagi semua orang.

Komentar