Tentu Kalian Memiliki Banyak Teman dari Berbagai Suku, Agama, dan Etnik. Buatlah Proyek Terukur untuk Mewujudkan Kasih dalam Keberagaman

Tentu kalian memiliki banyak teman dari berbagai suku, agama, dan etnik. Keberadaan mereka menjadi simbol pluralisme dan sarana untuk mewujudkan kasih Allah. Untuk mewujudkan kasih dalam keberagaman tersebut, buatlah proyek terukur. Kalian bisa mengerjakannya secara berkelompok bersama 3–4 orang temanmu.

Tabel 8.2 Proyek


Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 8 Iman Kristen dan Pancasila, halaman 93-94.

Jawaban:

Proyek Terukur untuk Mewujudkan Kasih dalam Keberagaman

Senin, 15 Januari 2024
Nama Proyek: Mendaftarkan nama teman-teman dengan latar belakang etnik dan agama mereka.
Terlaksana/tidak terlaksana: Terlaksana
Keterangan: Pada hari Senin, kita akan mendaftarkan nama teman-teman kita dengan latar belakang etnik dan agama mereka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang keberagaman yang ada di lingkungan kita. Kita bisa mengumpulkan informasi ini dengan cara bertanya langsung kepada teman-teman kita, atau dengan melihat data yang tersedia di sekolah atau di internet.

Selasa, 16 Januari 2024
Nama Proyek: Menelusuri pengetahuan dan pemahaman teman-teman sekolah tentang Pancasila, pluralitas dan kebangsaan
Terlaksana/tidak terlaksana: Terlaksana
Keterangan: Pada hari Selasa, kita akan menelusuri pengetahuan dan pemahaman teman-teman sekolah tentang Pancasila, pluralitas dan kebangsaan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mereka memahami dan menyikapi keberagaman yang ada di Indonesia. Kita bisa melakukan diskusi, wawancara, atau survei untuk mengumpulkan informasi ini.

Rabu, 17 Januari 2024
Nama Proyek: Membuat poster tentang pentingnya kasih dalam keberagaman
Terlaksana/tidak terlaksana: Terlaksana
Keterangan: Pada hari Rabu, kita akan membuat poster tentang pentingnya kasih dalam keberagaman. Poster ini akan kita pasang di tempat-tempat yang strategis di sekolah, seperti di depan kelas, di kantin, atau di lapangan olahraga. Poster ini akan berisi pesan-pesan tentang pentingnya menghargai perbedaan, saling menghormati, dan bekerja sama dalam keberagaman.

Kamis, 18 Januari 2024
Nama Proyek: Melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama teman-teman dari berbagai suku, agama, dan etnik
Terlaksana/tidak terlaksana: Terlaksana
Keterangan: Pada hari Kamis, kita akan melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama teman-teman dari berbagai suku, agama, dan etnik. Kegiatan ini bisa berupa membersihkan lingkungan, membantu orang yang membutuhkan, atau kegiatan sosial lainnya. Kegiatan ini akan menjadi sarana untuk kita saling mengenal dan bekerja sama dalam keberagaman.

Jumat, 19 Januari 2024
Nama Proyek: Mempresentasikan hasil proyek kepada teman-teman di kelas
Terlaksana/tidak terlaksana: Terlaksana
Keterangan: Pada hari Jumat, kita akan mempresentasikan hasil proyek kepada teman-teman di kelas. Presentasi ini akan berisi laporan tentang kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan, serta hasil yang kita dapatkan. Presentasi ini akan menjadi sarana untuk kita berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pentingnya kasih dalam keberagaman.

Sabtu, 20 Januari 2024
Nama Proyek: Refleksi dan evaluasi proyek
Terlaksana/tidak terlaksana: Terlaksana
Keterangan: Pada hari Sabtu, kita akan melakukan refleksi dan evaluasi proyek. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan dari proyek yang telah kita lakukan. Refleksi dan evaluasi ini akan menjadi bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di masa yang akan datang.

Penjelasan

Proyek ini bertujuan untuk mewujudkan kasih dalam keberagaman di lingkungan sekolah. Proyek ini terdiri dari enam kegiatan yang saling berkaitan, yaitu:
  1. Mendaftarkan nama teman-teman dengan latar belakang etnik dan agama mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang keberagaman yang ada di lingkungan kita.
  2. Menelusuri pengetahuan dan pemahaman teman-teman sekolah tentang Pancasila, pluralitas dan kebangsaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mereka memahami dan menyikapi keberagaman yang ada di Indonesia.
  3. Membuat poster tentang pentingnya kasih dalam keberagaman. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan pesan-pesan tentang pentingnya menghargai perbedaan, saling menghormati, dan bekerja sama dalam keberagaman.
  4. Melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama teman-teman dari berbagai suku, agama, dan etnik. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi sarana untuk kita saling mengenal dan bekerja sama dalam keberagaman.
  5. Mempresentasikan hasil proyek kepada teman-teman di kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pentingnya kasih dalam keberagaman.
  6. Melakukan refleksi dan evaluasi proyek. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan dari proyek yang telah dilakukan.

Proyek ini dapat dilaksanakan secara berkelompok bersama 3–4 orang teman. Setiap kelompok dapat menyesuaikan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dengan kondisi dan situasi yang ada.

Harapan

Melalui proyek ini, kita diharapkan dapat mewujudkan kasih dalam keberagaman di lingkungan sekolah. Kita dapat saling mengenal dan menghargai perbedaan, serta bekerja sama untuk membangun kebersamaan dan persatuan.

Komentar