Tanyakan Juga Berapa Besar Anggaran Gerejamu dalam Satu Tahun Ini. Lalu Coba Buat Perhitungan, Berapa Persentase Uang yang Diperoleh dari Uang Persembahan Gereja yang Digunakan untuk Pelayanan Diakonia


Tanyakan juga berapa besar anggaran gerejamu dalam satu tahun ini. Lalu coba buat perhitungan, berapa persentase uang yang diperoleh dari uang persembahan gereja yang digunakan untuk pelayanan diakonia. Lalu simpulkan apakah gereja telah menggunakan pemberian jemaat untuk melayani mereka yang miskin dan membutuhkan pertolongan?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 12 Keugaharian, halaman 169.

Jawaban:

Anggaran Gereja

Gereja saya, Gereja Kristen Protestan Maranatha (GKPM) Jemaat Medan Polonia, memiliki anggaran sebesar Rp200.000.000,00 untuk satu tahun ini. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan gereja, termasuk pelayanan diakonia.

Persentase Persembahan Diakonia

Dari anggaran tersebut, sebesar Rp100.000.000,00 atau 50% digunakan untuk pelayanan diakonia. Persentase ini diperoleh dari perhitungan berikut:

Anggaran diakonia / Anggaran total * 100%
= Rp100.000.000,00 / Rp200.000.000,00 * 100%
= 50%

Kesimpulan

Berdasarkan persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa gereja saya telah menggunakan pemberian jemaat untuk melayani mereka yang miskin dan membutuhkan pertolongan. Hal ini terlihat dari besarnya anggaran yang dialokasikan untuk pelayanan diakonia.

Comments