Simak Lagu “Dihapuskan Dosaku” Berikut dengan Teliti, Kemudian Nyanyikanlah Sambil Merenungkan Artinya Dikaitkan dengan Pengampunan!

Belajar dari Lagu

Simak lagu berikut “Dihapuskan Dosaku”dengan teliti, kemudian nyanyikanlah sambil merenungkan artinya dikaitkan dengan pengampunan! Apa yang dikatakan lagu ini mengenai pengampunan? Ulangi lagu ini dalam hatimu dan cobalah untuk mengimani pengampunan Allah dalam Yesus Kristus!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 3 Meneladani Yesus dalam Mengampuni, halaman 36.

Jawaban lengkap:

Ketika menyanyikan lagu "Dihapuskan Dosaku," perasaan yang muncul begitu dalam. Ada kelegaan, haru, dan syukur yang bercampur menjadi satu. Liriknya sederhana tapi menohok, langsung menyentuh inti pergulatan manusia dengan kesalahan dan pengampunan.

Kesan utama adalah betapa besar kasih Allah. Bayangkan, noda dosa yang mungkin terasa berat dan melekat kuat, ternyata bisa dihapuskan oleh darah Yesus. Bukan sembarang pembersih, tapi pengorbanan terbesar, sungguh tak ternilai. Ini membuat hati terenyuh dan terharu atas kebaikan Tuhan yang tak terbatas.

Kedua, lagu ini membangkitkan rasa lega. Beban kesalahan yang mungkin selama ini menekan dada, tiba-tiba terasa terangkat. Bernyanyi tentang penghapusan dosa seperti merapal doa, memohon belas kasihan Tuhan dan merasakannya mengalir dalam jiwa. Kegelapan dosa digantikan oleh cahaya harapan dan kelegaan.

Tak berhenti di situ, lagu ini juga memicu syukur yang dalam. Betapa beruntungnya kita sebagai umatNya, yang diberikan jalan pengampunan yang begitu agung. Setiap baitnya seperti ungkapan terima kasih berulang-ulang atas anugrah yang tak terukur. Ucapan "O darah Tuhanku, sumber pembasuhku" diucapkan dengan penuh penghayatan dan rasa syukur.

Menyelami lagu ini sambil memahami materi tentang pengampunan Yesus membuat iman tergugah. Kita digerakkan untuk menerima dan menghayati pengampunan itu dalam hati kita. Darah Yesus bukan sekadar kisah masa lalu, tapi kekuatan yang nyata dan hadir, sanggup membasuh noda dosa dan menyucikan hidup kita saat ini juga.

Jawaban singkat:

Kesan saya menyanyikan lagu "Dihapuskan Dosaku" adalah campuran kelegaan, haru, dan syukur yang mendekatkan diri kepada Tuhan. Lagu ini menjadi pengingat indah akan anugerah pengampunan dan dorongan untuk mengimaninya sepenuh hati.

Komentar