Siapakah Roh Kudus itu? Apa yang kamu ketahui tentang Roh Kudus?

Siapakah Roh Kudus itu? Apa yang kamu ketahui tentang Roh Kudus? Coba tuliskan di bawah ini, lalu diskusikan dengan temanmu sebangku. Apakah pengetahuan kalian tentang Roh Kudus itu sama atau berbeda? Apa persamaan dan perbedaannya?

Pertanyaan diatas adalah soal bagian 2 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 4 Roh Kudus Memperbarui Hidup Orang Beriman, halaman 43.

Jawaban:

Siapakah Roh Kudus itu?

Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal, yang setara dengan Allah Bapa dan Allah Anak. Roh Kudus adalah Allah yang hidup, yang memiliki akal budi, perasaan, dan kehendak. Roh Kudus adalah Penolong, Penghibur, dan Pengajar yang dijanjikan oleh Yesus Kristus kepada para murid-Nya.

Apa yang saya ketahui tentang Roh Kudus?

Berdasarkan pemahaman saya tentang Roh Kudus, berikut adalah beberapa hal yang saya ketahui:
  • Roh Kudus adalah Allah yang hidup dan nyata.
  • Roh Kudus adalah Pribadi yang penuh kasih, kuasa, dan damai sejahtera.
  • Roh Kudus adalah Pribadi yang selalu menyertai dan menolong orang percaya.
  • Roh Kudus adalah Pribadi yang memampukan orang percaya untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Diskusi dengan teman sebangku

Saya telah berdiskusi dengan teman sebangku saya tentang Roh Kudus. Kami menemukan bahwa pengetahuan kami tentang Roh Kudus memiliki beberapa persamaan dan perbedaan.

Persamaan
  • Kami berdua sama-sama percaya bahwa Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal.
  • Kami berdua sama-sama percaya bahwa Roh Kudus adalah Penolong, Penghibur, dan Pengajar yang dijanjikan oleh Yesus Kristus.
  • Kami berdua sama-sama percaya bahwa Roh Kudus adalah Pribadi yang selalu menyertai dan menolong orang percaya.

Perbedaan
  • Teman saya lebih menekankan pada peran Roh Kudus sebagai Pribadi yang memampukan orang percaya untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Sedangkan saya, lebih menekankan pada peran Roh Kudus sebagai Pribadi yang memberi kekuatan dan penghiburan kepada orang percaya.
  • Teman saya lebih menekankan pada pengalaman pribadinya dengan Roh Kudus. Sedangkan saya, lebih menekankan pada pemahaman saya tentang Roh Kudus berdasarkan Alkitab.

Kesimpulan

Melalui diskusi dengan teman sebangku, saya semakin memahami tentang Roh Kudus. Saya menyadari bahwa Roh Kudus adalah Pribadi yang sangat penting dalam hidup orang percaya. Roh Kudus adalah Pribadi yang selalu menyertai, memampukan, dan menghibur kita.

Komentar