Setelah Menyanyikan Lagu “Keluarga Hidup Indah”, Tuliskanlah Kesan Kalian atas Lagu Tersebut pada Kertas Kerja Kalian!

Mari Bernyanyi

Kidung Jemaat 289:1–3
KELUARGA HIDUP INDAH

1. Keluarga hidup indah
bila Tuhan di dalamnya.
Dengan kasih yang sempurna
Tuhan pimpin langkahnya.

Reff:
T’rima kasih padaMu, Tuhan,
Kau bimbing kami selamanya.
Segala hormat, puji dan syukur
kami panjatkan kepadaMu.

2. Di dunia banyak jalan;
jalan mana ‘kan ditempuh?
Jalan lurus hanya satu;
jalan Tuhan itulah.

3. Keluarga hidup indah,
bila Tuhan pemimpinnya.
Dalam suka, dalam duka
kita dalam tanganNya.

Setelah menyanyikan lagu “Keluarga Hidup Indah”, tuliskanlah kesan kalian atas lagu tersebut pada kertas kerja kalian!

Pertanyaan diatas adalah soal Mari Bernyanyi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 4 Komunikasi Keluarga, halaman 40.

Jawaban:

Kesan Lagu “Keluarga Hidup Indah”

Setelah menyanyikan lagu “Keluarga Hidup Indah”, saya mendapatkan kesan yang mendalam. Lagu ini mengajarkan bahwa keluarga yang hidup indah adalah keluarga yang memiliki Tuhan di dalamnya. Tuhan yang penuh kasih akan memimpin keluarga tersebut dan membimbingnya untuk berjalan di jalan yang benar.

Pada bait pertama, lagu ini menyatakan bahwa keluarga yang hidup indah adalah keluarga yang memiliki kasih yang sempurna. Kasih ini adalah kasih yang berasal dari Tuhan. Kasih ini akan membuat keluarga tersebut saling mengasihi, saling menghormati, dan saling mendukung.

Pada bait kedua, lagu ini menyatakan bahwa di dunia ini banyak jalan yang bisa ditempuh. Namun, hanya ada satu jalan yang lurus, yaitu jalan Tuhan. Jalan Tuhan adalah jalan yang penuh kasih, kebenaran, dan keadilan. Keluarga yang mengikuti jalan Tuhan akan hidup dalam kedamaian dan kebahagiaan.

Pada bait ketiga, lagu ini menegaskan kembali bahwa keluarga yang hidup indah adalah keluarga yang memiliki Tuhan sebagai pemimpinnya. Tuhan akan selalu membimbing keluarga tersebut, baik dalam suka maupun duka. Keluarga yang memiliki Tuhan akan selalu merasa aman dan terlindungi.

Secara keseluruhan, lagu “Keluarga Hidup Indah” mengajarkan bahwa keluarga yang hidup indah adalah keluarga yang memiliki Tuhan sebagai pusatnya. Tuhan akan membuat keluarga tersebut menjadi keluarga yang penuh kasih, saling mendukung, dan hidup dalam kedamaian.

Lagu ini juga relevan dengan materi Bab 4 “Komunikasi Keluarga”. Komunikasi keluarga yang baik akan membangun kasih dan kesatuan dalam keluarga. Ketika Tuhan menjadi pusat komunikasi keluarga, maka komunikasi keluarga tersebut akan menjadi komunikasi yang penuh kasih, jujur, dan hormat.

Komentar