Setelah Mempelajari Nilai Tersebut di Atas, Coba Tuliskan Apakah Kalian Sudah Menerapkannya?

Setelah mempelajari nilai tersebut di atas, coba tuliskan apakah kalian sudah menerapkannya? Jika belum mengapa? Jika kalian sudah menerapkannya, mengapa?

Pertanyaan diatas adalah soal tentang Kata dan Perbuatan sama (Integritas), Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 7 Nilai-Nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidup Menurut Kitab Galatia, halaman 80.

Jawaban Panjang:

Setelah mempelajari nilai "Kata dan Perbuatan Sama (Integritas)", saya menyadari bahwa nilai ini sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai orang Kristen maupun sebagai manusia pada umumnya. Nilai ini mengajarkan kita untuk konsisten antara perkataan dan perbuatan. Hal ini penting karena menunjukkan bahwa kita memiliki kejujuran, ketulusan, dan dapat dipercaya.

Saya sudah berusaha untuk menerapkan nilai ini dalam kehidupan saya. Misalnya, saya selalu berusaha untuk menepati janji yang saya buat. Jika saya tidak bisa menepati janji, saya akan berusaha untuk memberi tahu orang yang bersangkutan dengan alasan yang jelas. Selain itu, saya juga berusaha untuk selalu jujur dan berkata apa adanya, bahkan jika itu hal yang sulit untuk dikatakan.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan nilai "Kata dan Perbuatan Sama (Integritas)" dalam kehidupan sehari-hari:
  • Dalam kehidupan bermasyarakat, nilai ini dapat diterapkan dengan cara bersikap jujur, adil, dan bertanggung jawab. Misalnya, kita tidak boleh berbohong kepada orang lain, tidak boleh mengambil hak orang lain, dan selalu menepati janji.
  • Dalam kehidupan berkeluarga, nilai ini dapat diterapkan dengan cara saling menghormati, menyayangi, dan mendukung satu sama lain. Misalnya, kita harus selalu berkata jujur kepada orang tua, tidak boleh berbohong kepada adik atau kakak, dan selalu membantu pekerjaan rumah.
  • Dalam kehidupan bersekolah, nilai ini dapat diterapkan dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh, mengerjakan tugas tepat waktu, dan menghormati guru dan teman-teman. Misalnya, kita harus selalu jujur dalam mengerjakan ujian, tidak boleh menyontek, dan selalu membantu teman yang membutuhkan.

Tentu saja, tidak selalu mudah untuk menerapkan nilai "Kata dan Perbuatan Sama (Integritas)". Ada kalanya kita tergoda untuk berbohong atau tidak menepati janji. Namun, kita harus selalu berusaha untuk menjadi orang yang berintegritas. Dengan menerapkan nilai ini, kita akan menjadi orang yang lebih baik dan dipercaya oleh orang lain.

Jawaban singkat:

Setelah mempelajari nilai "Kata dan Perbuatan Sama (Integritas)", saya sudah berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saya selalu berusaha untuk menepati janji, berkata jujur, dan adil.

Komentar