Setelah Mempelajari Materi Tersebut Diatas, Dapatkah Kamu Menuliskan Pendapat Mu Mengenai Makna Menjadi Pembawa Damai Sejahtera?

Setelah mempelajari materi tersebut diatas, dapatkah kamu menuliskan pendapat mu mengenai makna menjadi pembawa damai sejahtera?

  • Menjadi pembawa damai sejahtera, artinya...
  • Apakah kamu sudah menjadi pembawa damai dalam keluarga dan teman?
  • Mengapa damai penting bagi manusia?

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 8 Menjadi Pembawa Damai Sejahtera, halaman 94-95.

Jawaban:

Makna Menjadi Pembawa Damai Sejahtera

Menjadi pembawa damai sejahtera berarti menunjukkan kasih dan kebaikan kepada orang lain, serta berusaha untuk menciptakan suasana yang harmonis dan damai. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:
  • Menghargai perbedaan. Setiap orang memiliki perbedaan, baik dalam hal pendapat, agama, suku, ras, atau latar belakang lainnya. Perbedaan tersebut harus dihargai, bukan dijadikan alasan untuk saling bermusuhan.
  • Menyelesaikan konflik dengan cara damai. Ketika terjadi konflik, kita harus berusaha untuk menyelesaikannya dengan cara yang damai dan tanpa kekerasan.
  • Membantu orang lain. Kita dapat membantu orang lain yang membutuhkan, baik dengan tenaga, pikiran, maupun materi.
  • Menyebarkan kasih dan kebaikan. Kita dapat menyebarkan kasih dan kebaikan dengan bersikap ramah, sopan, dan suka menolong.

Apakah Saya Sudah Menjadi Pembawa Damai dalam Keluarga dan Teman?

Setelah mempelajari materi tersebut, saya menyadari bahwa saya belum sepenuhnya menjadi pembawa damai dalam keluarga dan teman. Hal ini terlihat dari beberapa sikap saya yang masih belum sesuai dengan nilai-nilai perdamaian, yaitu:

1. Tidak menuruti perintah orang tua
Perintah orang tua adalah bentuk kasih sayang dan perhatian mereka kepada kita. Dengan mematuhi perintah orang tua, kita menunjukkan bahwa kita menghormati mereka dan menghargai apa yang mereka lakukan untuk kita. Tidak menuruti perintah orang tua dapat menimbulkan konflik dan ketegangan dalam keluarga.

2. Mengejek teman
Mengejek teman adalah tindakan yang tidak hormat dan merendahkan martabat orang lain. Tindakan ini dapat menimbulkan perasaan sakit hati dan tersinggung pada diri teman. Ejekan juga dapat menjadi sumber konflik dan permusuhan dalam pertemanan.

Mengapa Damai Penting Bagi Manusia?

Damai penting bagi manusia karena damai merupakan kondisi yang dibutuhkan untuk hidup yang sejahtera dan bahagia. Dalam suasana yang damai, kita dapat hidup dengan aman, nyaman, dan tenteram. Kita dapat mengembangkan diri dan mencapai cita-cita kita.

Damai juga penting bagi hubungan antar manusia. Dalam suasana yang damai, kita dapat saling menghormati, menghargai, dan menolong satu sama lain. Kita dapat hidup rukun dan harmonis bersama-sama.

Oleh karena itu, kita semua harus berusaha untuk menjadi pembawa damai. Kita harus saling menghargai perbedaan, menyelesaikan konflik dengan cara damai, dan membantu orang lain yang membutuhkan. Dengan demikian, kita dapat menciptakan dunia yang lebih damai dan sejahtera.

Komentar