Setelah Mempelajari Materi Mengenai Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender, Kini Kamu dapat Merenungkan, Bagaimana Sikap dan Pikiran Mu Berkaitan dengan Ras, Etnis dan Gender Selama Ini?

Setelah mempelajari materi mengenai pemahaman Alkitab tentang Ras, etnis dan gender, kini kamu dapat merenungkan, bagaimana sikap dan pikiran mu berkaitan dengan ras, etnis dan gender selama ini? Apakah kamu pernah merendahkan seseorang karena perbedaan jenis kelamin, perbedaan suku, warna kulit ataupun melakukan “body shaming” terhadap seseorang, termasuk teman? Bahkan mungkin kamu tidak mau menolong sesama karena melihat latar belakang dirinya yang berbeda dengan mu? Maka, kini saatnya sikap itu diubah. Sebagai remaja Kristen kamu diminta untuk mengasihi sesama tanpa kecuali. Tuliskan tekad mu untuk berubah berdasarkan pemahaman Alkitab yang sudah dipelajari!

Pertanyaan diatas adalah soal Berbagi Pengalaman, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 9 Ras, Etnis, dan Gender, halaman 127.

Jawaban:

Renungan dan tekad untuk berubah

Setelah mempelajari materi mengenai pemahaman Alkitab tentang Ras, etnis dan gender, saya menyadari bahwa saya memiliki beberapa sikap dan pikiran yang perlu diubah. Saya pernah merendahkan seseorang karena perbedaan jenis kelamin, perbedaan suku, warna kulit ataupun melakukan “body shaming” terhadap seseorang, termasuk teman. Bahkan mungkin saya tidak mau menolong sesama karena melihat latar belakang dirinya yang berbeda dengan saya.

Saya menyadari bahwa sikap dan pikiran tersebut adalah salah. Alkitab mengajarkan bahwa kita semua adalah ciptaan Allah yang sama, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Kita semua adalah saudara dan saudari dalam Kristus.

Berdasarkan pemahaman Alkitab tersebut, saya bertekad untuk berubah. Saya akan berusaha untuk mengasihi sesama tanpa kecuali, tanpa memandang ras, etnis, gender, atau latar belakangnya yang berbeda dengan saya.

Berikut adalah beberapa hal yang akan saya lakukan untuk mewujudkan tekad saya tersebut:
  • Saya akan belajar untuk lebih menghargai perbedaan. Saya akan berusaha untuk memahami sudut pandang orang lain yang berbeda dengan saya.
  • Saya akan menghindari perkataan atau tindakan yang merendahkan orang lain. Saya akan selalu berusaha untuk bersikap sopan dan hormat kepada semua orang.
  • Saya akan lebih aktif menolong sesama. Saya akan berusaha untuk melihat kebutuhan orang lain dan menolong mereka sesuai dengan kemampuan saya.

Saya percaya bahwa dengan perubahan sikap dan pikiran, saya dapat menjadi teladan bagi orang lain. Saya juga percaya bahwa dengan mengasihi sesama tanpa kecuali, kita dapat menciptakan dunia yang lebih baik.

Contoh konkret

Berikut adalah beberapa contoh konkret yang dapat saya lakukan untuk mewujudkan tekad saya tersebut:
  • Jika saya bertemu dengan seseorang yang berbeda suku atau agama dengan saya, saya akan berusaha untuk mengenalnya lebih baik. Saya akan bertanya tentang budaya dan kepercayaannya.
  • Jika saya mendengar seseorang mengolok-olok orang lain karena perbedaan ras, etnis, atau gendernya, saya akan berani untuk menegurnya.
  • Jika saya melihat ada orang yang membutuhkan bantuan, saya akan berusaha untuk menolongnya, tanpa memandang latar belakangnya.

Saya percaya bahwa dengan melakukan hal-hal tersebut, saya dapat menjadi bagian dari perubahan yang lebih baik bagi dunia.

Komentar