Setelah Mempelajari Fungsi Disiplin, Ada Dua Pakar yang Mengemukakan Fungsi Disiplin. Menurut Pendapat Kalian, Apakah Dua Pendapat tersebut Saling Menguatkan atau Tidak?

Setelah mempelajari fungsi disiplin, ada dua pakar yang mengemukakan fungsi disiplin. Menurut pendapat kalian, apakah dua pendapat tersebut saling menguatkan atau tidak? Dari semua tujuan disiplin yang telah dipaparkan diatas, apakah kalian setuju? Jelaskan! Jika masih ada yang kurang, kalian dapat menambahkannya!

Pertanyaan diatas adalah soal Respons Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 8 Disiplin di Rumah dan di Sekolah, halaman 97.

Jawaban:

Setelah mempelajari fungsi disiplin, ada dua pakar yang mengemukakan fungsi disiplin. Menurut pendapat kalian, apakah dua pendapat tersebut saling menguatkan atau tidak?

Menurut pendapatku, dua pendapat tersebut saling menguatkan.

Tujuan disiplin menurut Tulus adalah untuk menata kehidupan bersama, membangun kepribadian, melatih kepribadian, unsur paksaan, hukuman, dan menciptakan lingkungan yang kondusif.

Tujuan disiplin menurut Singgih D. Gunarsa adalah untuk mendidik anak supaya anak dengan mudah mengetahui pengetahuan dan pengertian sosial mengenai hak milik orang lain, mengerti larangan-larangan dan segera menurut untuk menjalankan kewajibannya, mengerti tingkah laku yang baik dan yang buruk, dan belajar mengendalikan keinginan dan berbuat sesuatu tanpa merasa terancam oleh hukuman.

Dua pendapat tersebut saling menguatkan karena memiliki tujuan yang sama, yaitu agar seseorang dapat hidup dengan tertib dan teratur.

Tujuan disiplin menurut Tulus menekankan pada pentingnya disiplin untuk menata kehidupan bersama, membangun kepribadian, dan melatih kepribadian.

Tujuan disiplin menurut Singgih D. Gunarsa menekankan pada pentingnya disiplin untuk mendidik anak agar dapat mengerti hak milik orang lain, mengerti larangan-larangan, mengerti tingkah laku yang baik dan yang buruk, dan belajar mengendalikan keinginan.

Kedua pendapat tersebut saling melengkapi.

Tujuan disiplin menurut Tulus lebih menekankan pada aspek umum, sedangkan tujuan disiplin menurut Singgih D. Gunarsa lebih menekankan pada aspek khusus, yaitu pendidikan anak.

Dari semua tujuan disiplin yang telah dipaparkan diatas, apakah kalian setuju? Jelaskan! Jika masih ada yang kurang, kalian dapat menambahkannya!

Ya, aku setuju dengan semua tujuan disiplin yang telah dipaparkan.

Tujuan disiplin sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Disiplin dapat membantu kita untuk hidup dengan tertib dan teratur.

Disiplin juga dapat membantu kita untuk membentuk kepribadian yang baik.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing tujuan disiplin:

1. Menata kehidupan bersama
Disiplin dapat membantu kita untuk hidup dengan tertib dan teratur. Dengan disiplin, kita dapat menghormati hak-hak orang lain dan tidak merugikan orang lain.

2. Membangun kepribadian
Disiplin dapat membantu kita untuk membentuk kepribadian yang baik. Dengan disiplin, kita dapat belajar bertanggung jawab, menghargai orang lain, dan mengendalikan diri.

3. Melatih kepribadian
Disiplin juga dapat membantu kita untuk melatih kepribadian. Dengan disiplin, kita dapat belajar untuk disiplin terhadap diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.

4. Unsur paksaan
Unsur paksaan dalam disiplin memang diperlukan untuk mendorong seseorang untuk menaati aturan. Namun, unsur paksaan ini haruslah digunakan secara bijak dan tidak berlebihan.

5. Hukuman
Hukuman juga diperlukan dalam disiplin untuk memberikan konsekuensi bagi seseorang yang melanggar aturan. Namun, hukuman ini haruslah bersifat mendidik dan bukan untuk menghukum semata.

6. Menciptakan lingkungan yang kondusif
Disiplin dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif. Dengan disiplin, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan tertib.

Jika masih ada yang kurang, aku akan menambahkan tujuan disiplin sebagai berikut:

a. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja
Disiplin dapat membantu kita untuk bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Dengan disiplin, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan dengan hasil yang baik.

b. Meningkatkan produktivitas
Disiplin juga dapat membantu meningkatkan produktivitas. Dengan disiplin, kita dapat lebih fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja.

c. Meningkatkan kualitas hidup
Disiplin dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Dengan disiplin, kita dapat hidup dengan lebih tenang, damai, dan bahagia.

Komentar