Setelah mempelajari ciri-ciri orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus, kini kamu dapat membandingkan dengan dirimu. Dari ciri-ciri tersebut, manakah yang sudah ada dalam dirimu dan manakah yang belum?

Setelah mempelajari ciri-ciri orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus, kini kamu dapat membandingkan dengan dirimu. Dari ciri-ciri tersebut, manakah yang sudah ada dalam dirimu dan manakah yang belum. Coba tuliskan dalam buku harianmu, lalu minta orang tuamu turut menilai dan memeriksanya, apakah sudah benar yang kalian tuliskan itu? Apakah sesuai dengan sikapmu? Lalu, orang tua akan menuliskan apa yang mereka harapkan darimu dalam kaitannya dengan ciri-ciri orang yang sudah dipenuhi oleh Roh Kudus. Lalu kalian dan orang tua kalian dapat merencanakan tindak lanjut ke depan. Misalnya, orang tua akan membantu kalian untuk berubah, demikian juga guru di sekolah.

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 4 Roh Kudus Memperbarui Hidup Orang Beriman, halaman 48.

Jawaban:

Setelah mempelajari ciri-ciri orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus, saya merasa bahwa ada beberapa ciri yang sudah ada dalam diri saya, yaitu:
  • Selalu mengucap syukur dalam segala keadaan. Saya selalu berusaha untuk bersyukur dalam segala keadaan, baik saat saya sedang senang maupun susah. Saya percaya bahwa setiap keadaan yang saya alami adalah kehendak Allah, dan saya bersyukur atas semua hal yang saya miliki.
  • Rendah hati dan tidak sombong. Saya berusaha untuk selalu rendah hati dan tidak sombong. Saya menyadari bahwa saya hanyalah manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan. Saya juga berusaha untuk selalu menghargai orang lain, tanpa memandang latar belakang mereka.
  • Menerima dan menghargai semua orang tanpa kecuali. Saya percaya bahwa semua orang adalah ciptaan Allah yang berharga. Oleh karena itu, saya berusaha untuk menerima dan menghargai semua orang, tanpa memandang ras, suku, agama, atau latar belakang mereka.

Sedangkan ciri-ciri yang belum ada dalam diri saya adalah:
  • Mampu bertahan menghadapi godaan. Saya masih sering tergoda untuk melakukan hal-hal yang salah, seperti berbohong, menyontek, atau mencuri. Saya masih berusaha untuk belajar untuk melawan godaan dan tetap setia pada ajaran iman saya.
  • Mengerti apa yang menjadi kehendak Allah. Saya masih berusaha untuk memahami apa yang menjadi kehendak Allah dalam hidup saya. Saya berusaha untuk membaca Alkitab, berdoa, dan beribadah secara rutin agar saya bisa lebih mengerti kehendak Allah.

Saya akan berusaha untuk mengembangkan ciri-ciri yang sudah ada dalam diri saya dan berusaha untuk memperbaiki ciri-ciri yang belum ada dalam diri saya. Saya akan meminta bantuan orang tua dan guru untuk membantu saya dalam proses ini.

Berikut adalah beberapa hal yang akan saya lakukan untuk mengembangkan ciri-ciri orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus:
  • Untuk mengembangkan ciri "Mampu bertahan menghadapi godaan", saya akan berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Saya akan berdoa dan meminta pertolongan Tuhan untuk membantu saya melawan godaan. Saya juga akan berusaha untuk mengisi hidup saya dengan hal-hal yang positif, seperti membaca Alkitab, berdoa, beribadah, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
  • Untuk mengembangkan ciri "Mengerti apa yang menjadi kehendak Allah", saya akan berusaha untuk membaca Alkitab secara rutin dan merenungkan firman Tuhan. Saya juga akan berusaha untuk berdoa dan meminta hikmat dari Tuhan untuk memahami kehendak-Nya.

Saya percaya bahwa dengan usaha dan pertolongan Tuhan, saya akan dapat menjadi orang yang lebih baik dan dipenuhi oleh Roh Kudus.

Komentar