Setelah Membaca Tulisan di Atas, Jelaskan Pesan yang Tersirat Dari Cerita Ini Berkaitan dengan Mengampuni Sesama? Jika Kalian Adalah Orang yang Ditampar, Apakah Tindakanmu?

Setelah membaca tulisan di atas, jelaskan pesan yang tersirat dari cerita ini berkaitan dengan mengampuni sesama? Jika kalian adalah orang yang ditampar, apakah tindakanmu?

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 3 Meneladani Yesus dalam Mengampuni, halaman 33.

Jawaban lengkap:

Pesan yang tersirat dari cerita "Memaafkan" berkaitan dengan mengampuni sesama adalah bahwa kita harus senantiasa mengampuni orang lain yang telah menyakiti kita. Mengampuni adalah sebuah tindakan yang sulit, namun penting untuk dilakukan. Mengampuni dapat melepaskan kita dari rasa sakit hati, dendam, dan kebencian.

Pada cerita tersebut, dua orang sahabat bertengkar dan salah seorang menampar temannya. Orang yang ditampar merasa sakit hati, namun dia memilih untuk memaafkan temannya. Dia menuliskan apa yang terjadi di atas pasir, agar angin dapat menghapusnya. Ini menunjukkan bahwa dia tidak ingin menyimpan dendam kepada temannya.

Ketika sahabatnya menyelamatkan nyawanya, orang yang ditampar menuliskan apa yang terjadi di atas batu. Ini menunjukkan bahwa dia sangat berterima kasih kepada temannya dan ingin menyimpan momen indah tersebut dalam hatinya.

Dari cerita ini, kita dapat belajar bahwa kita harus mengampuni orang lain, bahkan ketika mereka telah menyakiti kita. Mengampuni tidak berarti kita membenarkan apa yang mereka lakukan, tetapi kita memilih untuk tidak membiarkan rasa sakit hati menguasai kita.

Jika saya adalah orang yang ditampar, saya akan berusaha untuk memaafkan sahabat saya. Saya akan memahami bahwa dia mungkin sedang marah atau kesal, sehingga dia melakukan hal yang tidak seharusnya. Saya akan mencoba untuk melihat situasi dari sudut pandangnya.

Saya juga akan berusaha untuk membicarakan apa yang terjadi dengan sahabat saya. Saya akan mengungkapkan perasaan saya dan meminta maaf jika saya juga melakukan kesalahan. Saya berharap bahwa dengan membicarakannya, kami dapat menyelesaikan masalah dan tetap berteman.

Mengampuni sesama adalah sebuah tindakan yang mulia. Dengan mengampuni, kita dapat menciptakan hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Kita juga dapat melepaskan diri dari rasa sakit hati dan kebencian yang dapat merusak diri kita sendiri.

Jawaban singkat:

Pesan yang tersirat dari cerita "Memaafkan" adalah bahwa kita harus senantiasa mengampuni orang lain yang telah menyakiti kita. Mengampuni adalah sebuah tindakan yang sulit, namun penting untuk dilakukan. Mengampuni dapat melepaskan kita dari rasa sakit hati, dendam, dan kebencian.

Jika saya adalah orang yang ditampar, saya akan berusaha untuk memaafkan sahabat saya.

Komentar