Setelah Melakukan Curah Pendapat dan Mempelajari Pemahaman Konsep Mengenai Ras, Etnis dan Gender, Sekarang Kalian dapat Meluruskan Pemahaman Terhadap Ras, Etnis dan Gender

Setelah melakukan curah pendapat dan mempelajari pemahaman konsep mengenai ras, etnis dan gender, sekarang kalian dapat meluruskan pemahaman terhadap ras, etnis dan gender. Tuliskan pemahaman kalian selama ini tentang ras, etnis dan gender lalu apakah kamu memperoleh pencerahan pemikiran setelah mengetahui sedikit latar belakang dan pemahaman ras, etnis dan gender? Jika ada, tuliskan, jika tidak pun tuliskan tapi berikan alasan, mengapa demikian? Di bawah ini ada contoh kotak, yang dapat kamu isi di kertas lain, bukan di kotak ini.

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 9 Ras, Etnis, dan Gender, halaman 119.

Jawaban:

Pemahaman Ras, Etnis, dan Gender Sebelum dan Sesudah Belajar

Ras

Sebelum belajar, saya memahami ras sebagai pengelompokan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik dan biologisnya, seperti warna kulit, bentuk rambut, dan bentuk mata. Saya juga memahami bahwa ras manusia dapat dibagi menjadi beberapa kelompok besar, yaitu ras Kaukasoid, ras Negroid, ras Mongoloid, dan ras Australoid.

Setelah belajar, pemahaman saya tentang ras menjadi lebih mendalam. Saya memahami bahwa ras adalah konsep yang kompleks dan tidak hanya didasarkan pada ciri-ciri fisik. Ras juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti budaya, bahasa, dan sejarah.

Saya juga memahami bahwa ras tidak selalu merupakan hal yang positif. Ras sering kali digunakan untuk membenarkan diskriminasi dan ketidakadilan. Oleh karena itu, penting untuk memahami ras secara kritis dan tidak terpaku pada stereotip.

Etnis

Sebelum belajar, saya memahami etnis sebagai pengelompokan manusia berdasarkan asal-usul dan budayanya. Saya juga memahami bahwa etnis dapat dilihat dari berbagai faktor, seperti bahasa, adat istiadat, dan tradisi.

Setelah belajar, pemahaman saya tentang etnis menjadi lebih luas. Saya memahami bahwa etnis juga dapat dilihat dari faktor-faktor lain, seperti agama, nilai-nilai, dan kepercayaan.

Saya juga memahami bahwa etnis dapat menjadi sumber kekuatan dan identitas bagi suatu kelompok masyarakat. Etnis dapat membantu kelompok masyarakat tersebut untuk mempertahankan budaya dan nilai-nilainya.

Gender

Sebelum belajar, saya memahami gender sebagai perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang didasarkan pada ciri-ciri fisik dan biologisnya. Saya juga memahami bahwa gender dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu laki-laki dan perempuan.

Setelah belajar, pemahaman saya tentang gender menjadi lebih kompleks. Saya memahami bahwa gender tidak hanya didasarkan pada ciri-ciri fisik. Gender juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti budaya, sosial, dan psikologis.

Saya juga memahami bahwa gender dapat bersifat dinamis. Gender dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan sosial.

Pencerahan Pemikiran

Melalui pembelajaran ini, saya memperoleh pencerahan pemikiran mengenai ras, etnis, dan gender. Saya menyadari bahwa perbedaan ras, etnis, dan gender merupakan hal yang wajar dan alami. Perbedaan tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Saya juga menyadari bahwa perbedaan ras, etnis, dan gender dapat menjadi sumber kekayaan dan keberagaman. Perbedaan tersebut dapat memperkaya kehidupan kita dan membuat dunia menjadi lebih berwarna.

Komentar