Selama ini, untuk Apa Saja Ibu/Bapak Menggunakan Tools Online PowerPoint?


Selama ini, untuk apa saja Ibu/Bapak menggunakan tools online PowerPoint?

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik, materi Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dan Mengukur Capaian Belajar Peserta Didik dengan Bantuan Teknologi.

Jawaban:

Refleksi Penggunaan Tools Online PowerPoint

PowerPoint adalah salah satu aplikasi presentasi yang paling populer di dunia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan interaktif, baik untuk keperluan bisnis, pendidikan, maupun hiburan.

Sebagai seorang guru, saya menggunakan tools online PowerPoint untuk berbagai keperluan, antara lain:

1. Menyampaikan materi pembelajaran
Saya menggunakan PowerPoint untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dengan PowerPoint, saya dapat menyajikan materi pembelajaran secara lebih menarik dan interaktif. Misalnya, saya dapat menggunakan gambar, animasi, dan video untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran.

2. Membuat bahan ajar
Saya juga menggunakan PowerPoint untuk membuat bahan ajar, seperti modul pembelajaran, latihan soal, dan media pembelajaran lainnya. Dengan PowerPoint, saya dapat membuat bahan ajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran.

3. Melakukan asesmen
Saya juga menggunakan PowerPoint untuk melakukan asesmen peserta didik. Misalnya, saya dapat membuat kuis, tes, atau permainan interaktif untuk mengukur capaian belajar peserta didik. Dengan PowerPoint, saya dapat membuat asesmen yang lebih menarik dan interaktif, sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk mengerjakannya.

Dari materi Modul Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik, saya mendapatkan beberapa pemahaman baru tentang penggunaan PowerPoint dalam pembelajaran. Pertama, PowerPoint dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Misalnya, dengan menggunakan gambar, animasi, dan video yang menarik, peserta didik akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

Kedua, PowerPoint dapat digunakan untuk mengukur capaian belajar peserta didik. Misalnya, dengan membuat kuis, tes, atau permainan interaktif, guru dapat mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

Berdasarkan pemahaman baru tersebut, saya akan lebih meningkatkan penggunaan PowerPoint dalam pembelajaran. Saya akan berusaha untuk membuat presentasi yang lebih menarik dan interaktif, sehingga peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar. Saya juga akan membuat asesmen yang lebih menarik dan interaktif, sehingga peserta didik akan lebih termotivasi untuk mengerjakannya.

Comments