Sekarang Amatilah di Media Massa Praktik-Praktik tersebut, Berikan Catatan atas Temuan Kalian dan Berikan Komentar Kritis atasnya

Kalian telah menelusuri apa yang dimaksud dengan hedonisme dan keugaharian. Sekarang amatilah di media massa praktik-praktik tersebut, berikan catatan atas temuan kalian dan berikan komentar kritis atasnya. Jika di sekolahmu ada majalah dinding, kalian boleh menjadikannya sebagai sarana publikasi temuanmu ini!

Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 3 Hedonisme vs Keugaharian, halaman 36.

Jawaban:

Hedonisme dan Keugaharian dalam Media Massa

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Sementara itu, keugaharian adalah pandangan hidup yang mengutamakan kesederhanaan dan rasa cukup.

Dalam media massa, kita sering menemukan praktik-praktik hedonisme dan keugaharian. Berikut adalah beberapa catatan atas temuan saya:

Hedonisme
  • Perilaku konsumtif. Media massa sering menampilkan iklan-iklan yang mempromosikan produk-produk mewah dan konsumtif. Hal ini dapat mendorong masyarakat untuk berperilaku konsumtif dan mengejar kesenangan materi.
  • Perilaku hedonistik. Media massa juga sering menampilkan perilaku-perilaku hedonistik, seperti berpesta pora, berfoya-foya, dan pamer kekayaan. Hal ini dapat memberikan pengaruh negatif bagi masyarakat, terutama bagi generasi muda.

Keugaharian
  • Perilaku sederhana. Media massa juga sering menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki gaya hidup sederhana. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup keugaharian.
  • Perilaku tolong menolong. Media massa juga sering menampilkan berita-berita tentang kegiatan-kegiatan tolong menolong dan berbagi. Hal ini dapat mendorong masyarakat untuk memiliki sikap kepedulian sosial.

Komentar Kritis

Hedonisme dan keugaharian adalah dua pandangan hidup yang memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Hedonisme berfokus pada kesenangan dan kenikmatan materi, sementara keugaharian berfokus pada kesederhanaan dan rasa cukup.

Pada satu sisi, hedonisme dapat memberikan kesenangan dan kepuasan sesaat. Namun, pada sisi lain, hedonisme juga dapat membawa dampak negatif, seperti konsumerisme, materialisme, dan egoisme.

Pada satu sisi, keugaharian dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan yang lebih langgeng. Namun, pada sisi lain, keugaharian juga dapat membuat seseorang merasa kurang puas dan tidak bahagia.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki keseimbangan antara hedonisme dan keugaharian. Kita perlu menikmati kesenangan hidup, tetapi juga perlu memiliki rasa cukup dan kepedulian sosial.

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan keseimbangan antara hedonisme dan keugaharian:
  • Nikmati kesenangan hidup secara bertanggung jawab. Kita perlu menyadari bahwa kesenangan hidup hanya bersifat sementara dan tidak boleh menjadi tujuan hidup.
  • Kembangkan rasa cukup. Kita perlu bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak perlu selalu mengejar kesenangan materi.
  • Miliki sikap kepedulian sosial. Kita perlu berbagi dengan orang lain yang membutuhkan dan tidak hanya mementingkan diri sendiri.

Dengan menerapkan keseimbangan antara hedonisme dan keugaharian, kita dapat menjalani hidup yang lebih bahagia dan bermakna.

Komentar