Sebutkan Salah Satu Kesepakatan yang Pernah Dibuat Bersama Peserta Didik di Sekolah!

Sebutkan salah satu kesepakatan yang pernah dibuat bersama peserta didik di sekolah!

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul 3: Agen Perubahan Melakukan Aksi Pencegahan Perundungan, materi: Mengembangkan Kesepakatan Atasi Perundungan.

Jawaban:

Setelah mengikuti Modul 3: Agen Perubahan Melakukan Aksi Pencegahan Perundungan, saya semakin menyadari bahwa perundungan merupakan masalah serius yang dapat berdampak buruk bagi korban, pelaku, dan lingkungan sekolah. Perundungan dapat menyebabkan korban mengalami trauma, depresi, bahkan hingga bunuh diri. Pelaku perundungan juga dapat mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dan memiliki perilaku antisosial di masa dewasa.

Untuk mencegah terjadinya perundungan, perlu adanya komitmen dari semua elemen sekolah, termasuk siswa, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat kesepakatan bersama tentang pencegahan perundungan.

Kesepakatan ini harus dibuat secara partisipatif dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Kesepakatan tersebut harus jelas dan tegas, serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Salah satu kesepakatan yang pernah saya buat bersama peserta didik di sekolah adalah sebagai berikut:

Kesepakatan Kelas Anti Perundungan
  • Kami akan saling menghormati dan menghargai satu sama lain, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan latar belakang.
  • Kami tidak akan melakukan perundungan dalam bentuk apa pun, baik secara fisik, verbal, maupun emosional.
  • Jika melihat teman kita di-bully, kita akan segera membantunya dan melaporkannya kepada guru atau pihak yang berwenang.
  • Kami akan selalu menjaga lingkungan sekolah agar aman dan nyaman bagi semua orang.
  • Kesepakatan ini dibuat dengan melibatkan semua peserta didik di kelas. Peserta didik diajak untuk memahami apa itu perundungan dan dampak negatifnya. Mereka juga diajak untuk berdiskusi tentang apa yang harus dilakukan jika melihat teman mereka di-bully.

Kesepakatan ini telah berhasil meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya mencegah perundungan. Peserta didik menjadi lebih berani untuk melaporkan kasus perundungan kepada guru atau pihak yang berwenang.

Penjelasan

Kesepakatan kelas anti perundungan yang saya buat memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
  • Dibuat secara partisipatif dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Hal ini membuat kesepakatan tersebut lebih diterima dan dipatuhi oleh semua orang.
  • Jelas dan tegas. Kesepakatan tersebut menyebutkan secara jelas apa yang dimaksud dengan perundungan dan apa yang harus dilakukan jika melihat teman di-bully.
  • Dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Kesepakatan tersebut tidak terlalu idealis dan dapat diterapkan dalam situasi nyata.

Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua orang.

Komentar