Sebutkan Salah Satu Contoh Perilaku Positif antar Peserta Didik yang Pernah Ditemui di Sekolah!

Sebutkan salah satu contoh perilaku positif antar peserta didik yang pernah ditemui di sekolah!

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul 3: Agen Perubahan Melakukan Aksi Pencegahan Perundungan, materi: Ayo Buat Perubahan.

Jawaban:

Refleksi: Contoh Perilaku Positif Antar Peserta Didik

Berdasarkan pembahasan Modul 3: Agen Perubahan Melakukan Aksi Pencegahan Perundungan, saya menemukan bahwa perilaku positif antar peserta didik sangat penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua. Perilaku positif ini dapat mencegah terjadinya perundungan, yang merupakan salah satu bentuk kekerasan di sekolah.

Salah satu contoh perilaku positif antar peserta didik yang pernah saya temui di sekolah adalah sikap saling membantu. Saya pernah melihat seorang siswa yang kesulitan mengerjakan tugas kelompoknya. Beberapa siswa lain yang melihatnya langsung menawarkan bantuan. Mereka bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Perilaku ini menunjukkan bahwa para siswa tersebut saling peduli dan menghargai satu sama lain. Mereka tidak membiarkan teman mereka yang kesulitan sendirian. Mereka juga tidak memanfaatkan situasi untuk mengejek atau mempermalukan teman mereka.

Perilaku positif ini dapat mencegah terjadinya perundungan karena dapat membangun rasa saling percaya dan kebersamaan di antara para siswa. Ketika para siswa saling percaya dan merasa memiliki hubungan yang baik, mereka akan lebih cenderung untuk membantu dan mendukung satu sama lain. Hal ini akan membuat mereka lebih sulit untuk menjadi pelaku perundungan.

Selain itu, perilaku positif ini juga dapat membantu para siswa yang menjadi korban perundungan. Ketika para siswa melihat bahwa ada orang yang peduli dan mau membantu mereka, mereka akan merasa lebih didukung dan tidak sendirian. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengatasi perasaan takut dan kesepian yang sering dialami oleh korban perundungan.

Oleh karena itu, penting untuk menanamkan perilaku positif antar peserta didik sejak dini. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti:
  • Pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan salah satu cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif, seperti saling peduli, menghargai, dan menghormati.
  • Kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana bagi para siswa untuk belajar bekerja sama dan saling mendukung.
  • Keterlibatan orang tua. Orang tua juga dapat berperan penting dalam menanamkan perilaku positif kepada anak-anak mereka.

Dengan menanamkan perilaku positif antar peserta didik, kita dapat menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua.

Komentar